Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Gula Pengaruhi Obesitas Anak


   Share :


Sumber :

Hasil riset Persatuan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI) menyebutkan salah satu sumber utama yang dapat memicu obesitas pada anak adalah kandungan gula berlebih dalam susu, sehingga orang tua perlu mencermati asupan nutrisi yang dikomsumsi anak-anak.
 
Dr dr Saptani Bardosono dari PDGMI mengatakan hal itu dalam sebuah seminar pada Sabtu (18/6) yang dihadiri juga oleh Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Kustantinah, dan dr Muliaman Mansyur selaku Medical Marketing Manager Fonterra Brands Indonesia, demikian siaran pers Fonterra Brands Indonesia di Jakarta, Senin (20/6). 
Saptawati mengatakan, telah terjadi tren kegemukan yang meningkat di kalangan anak-anak dan perlu mewaspadai dampak obesitas yang berbahaya bagi anak seperti timbulnya penyakit jantung dan diabeter mellitus.
 
Muliaman Mansyur menyatakan, merujuk pada anjuran Badan Kesehatan Dunia (WHO), anak usia satu hingga tiga tahun maksimal mengkomsumsi gula lima sendok teh per hari, sedangkan anak usia empat tahun hingga enam tahun maksimal delapan sendok teh per hari dari total keseluruhan makanan dan minumannya. "Jika dalam sehari anak diberikan tiga gelas susu, artinya anak tersebut bisa mengkomsumsi gula tambahan hingga 12 sendok teh." Katanya. 
Menyikapi hal itu, Kepala BPOM, Kustantinah mengatakan, perlu diwaspadai jajanan anak sekolah kareana jajanan anak sekolah dalah satu penyumbang asupan nutrisi bagi anak. Saat ini BPOM menemukan selain bahan berbahaya seperti formalin, borax, zat perwarna yang tidak diizinkan untuk digunakan dalam pangan juga menemukan jajanan yang mengandung pemanis berlebihan. "pada dasarnya orang tua harus turut berperan mengawasi apa yang dikomsumsi oleh anak-anaknya. Segala sesuatu yang berlebihan itu tentu tidak baik," Katanya. 
Upaya mencegah tren kegemukan yang kian meningkat di kalangan anak sekolah, sebut Kustantinah, pihaknya meningkatkan pengawasan keamanan dan mutu jajanan anak sekolah bersama lintas instansi. Pada acara talk show Jajanan di Sekolah dan Nutrisi Sehat, para pembicara sepakat bahwa kegemukan atau kerap disebut gizi lebih pada anak dapat dicegah baik dari rumah maupun lingkungan sekolah dengan mencermati kandungan nutrisi, termasuk yang dikandung dalam susu.(Koran Pak Oles Edisi 223/Kesehatan)

Video :


Tags :