Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Minyak Zaitun dapat Cegah Stroke


   Share :


Sumber :

Minyak zaitun dapat mencegah serangan stroke pada orang yang telah berusia di atas 65, demikian hasil sebuah studi. Penelitian itu diikuti sekitar 7.000 orang yang telah berusia 65 tahun. Mereka umumnya telah bertempat tinggal di tiga kota di Perancis selama kurang lebih lima tahun.
 
 
Mereka yang menggunakan minya zaitun dalam memasak atau menambahkan sebagai dressing ternyata memiliki resiko lebih rendah terkena stroke daripada mereka yang tidak pernah menggunakannya. Para peneliti mengatakan, para orang tua harus diberi minyak zaitun sebagaui pola diet. Hal itu diterbitkan dalam jurnal Neurology. Penulis utama dari University of Bordeaux, Dr. Cecilia Samieri mengatakan, ?Penelitian kami menunjukkan bahwa satu rekomendasi diet harus dikeluarkan untuk mencegah stroke pada orang yang telah berusia 65 tahun atau lebih. Stroke umumnya menyerang orang tua. Minyak zaitun akan menjadi cara yang lebih murah dan mudah untuk mencegahnya,? katanya. 
Para peneliti mempelajari catatan medis dari 7.625 orang berusia 65 tahun yang tinggal di Bordeaux, Dijon, dan Montpelier. Ketika mereka ditanya apakah mereka menggunakan minyak zaitun dalam memasak, menambahkannya pada salad atau mengoleskannya pada roti, mereka menjawab, inyak zaitun jenis extra virgin umumnya telah digunakan di Prancis. 
Mengomentari studi yang dipublikasikan di Neurology, Sharlin Ahmed dari Stroke Associaton mengatakan, ?Minyak zaitun telah lama dikenal memiliki manfaat bagi kesehatan. Minyak zaitun dapat mencegah kolestrol tinggi tekanan darah tinggi dan penyakit jantung. Semua gejala ini berkaitan dengan stroke. Pemakaian minyak zaitun akan efektif bila disertai diet seimbang dengan menggunakan asupan lemak jenuh dan garam,? tegas Ahmed. 
 
(sumber : Koran Pak Oles, edisi 1-15 Januari 2012)

Video :


Tags :