Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Bersahabat Dengan Sayur Berkhasiat Obat


   Share :


Sumber :

Di alam banyak terdapat obat alami yang sangat hebat, bisa berasal dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Mengapa sangat hebat, kerena tanaman ini memberikan manfaat yang luar bisa kepada manusia. Sayuran dan buah-buahan yang mengandung antioksidan dan vitamin serta mineral dipercaya dapat melawan radikal bebas perusan tubuh serta dapat meningkatkan kecerdasan otak.
 
 
 
Sayuran hijau umumnya benyak mengandung antioksidan, karena dalam daunnya terdapat betakarotinyang dapat menyerap radikal bebas, zat tersebut di dunia kedokteran diketahui dapat mengurangi resiko kanker, stroke, katarak, hingga serangan jantung sekalipun. Berikut sayuran yang banyak mengandung betakarotin (anti oksidan) dan sangat dianjurkan untuk dikonsumsi setiap saat, yaitu: brokoli, bunga kol, kecambah, dan tomat. Sayuran lain yang mudah didapat dan mengandung anti oksidan seperti kemangi, kecombrang, katuk, kedondong china, kenikir, bluntas, mangkok, daun gingseng, brokot, dan poh-pohan. 
Selain itu aneka kacang sebagai sumber vitamin E juga banyak mengandung anti oksidan. Daun singkong yang harganya murah dan dapat kita temui sehari-hari, ternyata kaya akan manfaat. Tanaman berumbi ini ternyata mengandung berbagai zat pengusir radikal bebas. 
Prof. Hembing mengakui khasiat daun singkong bagi kesehatan. Menurutnya daun singkong mengandung banyak khasiat. Efek farmokologis dari daun singkong adalah sebagai anti oksidan, anti tumor, dan dapat mengobati berbagai penyakit. Seperti rematik, l5 lembar daun singkong yang ditambahkan jahe merah sebesar 15 gram plus ditambah kapur sirih dapat mengurangi rasa sakit jika dibalutkan pada penderita rematik. Daun singkong yang ditumbuk dan dikompreskan pada kepala dapat mengobati sakit kepala, bahkan rebusan air daun singkong dapat mengatasi diare. 
Selain sayur-mayur, buah-buahan juga bermanfaat untuk kesehatan, seperti buah delima yang banyak mengandung anti oksidan yang tinggi. Buah ini diyakini bisa mengatasi obesitas atau kegemukan. Khasiat delima tak kalah hebat dengan buah zaitun dan kurma. Selain delima, masyarakat dunia juga mulai menyadari, manggis mengandung zat anti oksidan tinggi. Beberapa tahun kedepan buah eksotis itu bernilai ekonomis tinggi karena berkhasiat sebagai obat. Bagi anda yang ingin selalu sehat secara alami, konsumsilah sayur dan buah-buahan setiap hari. 
 
(sumber : Koran Pak Oles, edisi 1-15 Januari 2012)
 

Video :


Tags :