Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Asam Folat Jeruk Pencegah Penyakit Jantung


   Share :


Sumber :

Perayaan Imlek tak pernah lepas dari buah eksotis , termasuk buah jeruk yang sudah sangat familiar di tanah air. Jeruk, selain mempunyai rasa seger dan enak di lidah, ternyata buah jeruk mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Salah satunya dapat mencegah penyakit jantung, mencerdaskan otak dan perkuat sistem kekebalan tubuh.
 
Jeruk sebagai salah satu buah yang tegolong banyak mengandung vitamin B. Para ahli gizi menyebutkan, Vitamin B sangat diperlukan bagi pertumbuhan tubuh anak, perkembangan kecerdasan otak anak, tidak hanya itu, buah jeruk juga mempunyai manfaat untuk orang dewasa. Yaitu dapat mencegah masalah insomnia dan kanker darah. 
Hal ini tak lain disebabkan oleh Zat Asam Folat atau Vitamin B9 (salah satu vitamin B kompleks) yang banyak terkandung pada buah jeruk. Fungsi asam folat diantaranya dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan fungsi sel darah putih, merawat dan menjaga kesehatan kulit, mata, otot, rambut, liver saraf, hingga otak serta sebagai pembentuk sel darah dan asam folat sering digunakan pada penderita kanker. 
Asam folat merupakan nutrisi yang sangat penting bagi tubuh. Vitamin ini bekerja untuk memperlancar aktivitas metabolisme dan membantu fungsi nutrisi esensial lainnya. Tanpa asam folat, tubuh akan mudah terserang berbagai penyakit, mulai dari depresi, kelelahan, insomnia, kecemasan, kesulitan mengingat, lidah merah dan luka hingga gangguan pencernaan. Vitamin ini di dalam tubuh disimpan pada organ hati. Vitamin B merupakan salah satu vitamin yang mudah larut di dalam air. Bila kelebihan kadar asam folat, secara otomatis tubuh akan memprosesnya menjadi urine. Fungsi asam folat ini juga dapat mengasah otak selama 35 hari. Yang lebih penting, asam folat dapat mengatur suasana hati, seperti rasa kantuk, boring, dan lain-lain.
 
Vitamin B9 atau asam folat ini memiliki warna kuning, dan folat dapat dengan mudah dihancurkan oleh cahaya. Asam folat juga sangat penting bagi wanita hamil. Asupan asam folat yang cukup akan mencegah timbulnya kecacatan tabung saraf (Neural Tube Defects) NTD pada bayi, yaitu spina bifida (kelainan pada tulang belakang) dan anencephaly (kelainan dimana otak tidak terbentuk). 
Vitamin ini secara alami dapat kita temukan pada sayuran, telur, daging, kembang kol, keju, kacang kering, kacang-kacangan dan kacang polong, sereal serta buah-buahan, terutama pisang dan jeruk. Nah, karena asam folat sangat mudah larut di dalam air, buah jeruk sebaikknya di buat jus terlebih dahulu sebelum dikonsumsi. 
Tapi perlu diingat, jus jeruk ini harus segera diminum dan jangan didiamkan atau disimpan di dalam suatu wadah terlalu lama, karena hal tersebut dapat mempengaruhi kadar asam folat yang terkandung di dalam buah jeruk. Bagaimana, sudahkan buah jeruk menjadi buah pencuci mulut anda. 
 
(Sumber : Koran Pak Oles, Edisi 1-15 Pebruari 2012)

Video :


Tags :