Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Bokashi Farm Jadi Green School


   Share :


Sumber :

Kebun Bokashi Farm Pak Oles di kawasan Waribang, Denpasar Timur benar-benar menjadi tempat belajar bagi anak anak sekolah (green school). Hal itu terlihat dari seringnya anak sekolah dari tingkat play grup/TK hingga SD bertandang ke lokashi tersebut untuk mengenal berbagai jenis tanaman obat, belajar menanam dan membuat pupuk Bokashi.
 
Sekitar 115 murid dari SD Muhammadiyah 2 Denpasar belum lama berselang mengamati dan mencatat berbagai jenis tanaman obat di kebun percontohan tersebut. Kehadiran murid SD itu sebagai program ekstra kurikuler yang dicanangkan sekolah untuk diadakan sekali sebulan. 
 
Sani, wali kelas IA menyatakan, tujuan kedatangan mereka ke Bokashi Farm Pak Oles untuk mengajak para murid mengenal berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat. Selain untuk disulap jadi sayur mayur, banyak tanaman di kebun ini dapat berkhasiat obat,? kata Sani. 
Hal yang sama dilakukan TK Kartika Pradnya Kumara Br Pelasa Kuta, Badung. Rombongan yang datang menggunakan enam mini bus Komotra yang biasa untuk melayani pariwisata Kuta, tampak ramai didampingi guru dan orang tua murid. Tercatat sekitar 80 murid yang didampingi para guru dan orang tua itu sangat antusias mengelilingi kawasan Bokashi Farm, Jumat (9/3). 
Menurut Putu Sugiasih, guru plus ketua rombongan, belajar di luar sekolah rutin dilakukan setiap bulan. Adapun tempat yang disasar seperti kebun binatang, tempat pembuatan keramik, taman makam pahlawan. Kunjungan disesuaikan dengan paud TK Kartika Pradnya Kumara yang meliputi alam, persiapan, balok, seni peran, olah tubuh dan seni musik.
 
 
Meski masih tergolong anak PG dan TK namun semangat dan keseriusan anak-anak tersebut sangat tinggi sekali. Itu terlihat dari keseriusan mereka mendengarkan bimbingan dari Instruktur Bokasi Farm, Kadek Suiartana. Mereka diperkenalkan bahan organik yang kaya sumber kehidupan (bokashi), jenis tanaman obat, membuat pupuk dan dan belajar menanam. Sugiasih merasa senang melihat semangat anak didiknya untuk belajar di Bokashi Farm. ?Mereka sangat antusias dan tidak lelah di bawah panas matahari yang menyengat? ujarnya.

Video :


Tags :