Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Bermain dengan anak dapat mengurangi stress


   Share :


Sumber :

Ketika masalah pelik dalam berumah tangga dating dalam kehidupan sebuah pasangan suami-istri, tak jarang dari kita yang memilih jalan "pisah" atau cerai. Bukan tanpa alas an seorang ayah menginggalkan buah hatinya, atau seorang ibu yang meninggalkan anaknya. Masalah utama yang sering terjadi adalah ketika tidak adanya rasa kurang percaya dan perbedaan ego yang terlalu tinggi dalam pasangan tersebut.
 
 
 
Fenomena tersebut membuat seorang pasangan akan beralih status menjadi single parents (orang tua tunggal). Tantangan terberat ketika menjadi seorang single parents adalah beban ganda yang harus dijalani. Untuk "single mom", biasanya harus merangkap sebagai pengasuh buah hati, tukang masak, ibu pekerja, dll. Sedangkan "single dad" tingkat kesibukannya pun juga menjadi padat karena berbagai aktivitas, baik di kantor maupun ketika di rumah. Hal inilah yang membuat para single parent rentan terhadap stress. 
Meluangkan waktu dan bermain bersama dengan anak dapat menjadi sebuah terapi untuk meredakan stress tersebut. Hal ini selain berdampak positif bagi anak, ibu atau ayah tunggal juga dapat merasakan dampak kesehatan yang dapat dirasakan dalam jangka waktu panjang dengan adanya aktifitas ini.
 
Banyak aktivitas yang bisa dilakukan bersama, mulai menemaninya menonton film kesukaan di tv, bermain, membaca buku, atau bahkan berbelanja bersama jika anak sudah cukup besar. 
Waktak dan temperamental anak akan mempengaruhi tingkat stress yang dihadapi oleh single parents. Semakin sulit anak untuk dikendalikan, semakin tinggi stress yang diderita oleh seorang ayah atau ibu tunggal. Anak yang cenderung nakal dan susah untuk diatur, akan membuat single parents hanya sedikit meluangkan waktunya bersama anak untuk hanya sekedar bermain. 
Menjadi ibu tunggal dan menjadi orangtua secara umum sangat melelahkan. Menghabiskan waktu bersama anak bisa mengurangi stres karena seseorang akan merasa dalam perannya sebagai orang tua telah melakukan tugas secara seimbang. Semoga apa yang kita lakukan, adalah yang terbaik untuk buah hati kita. 
 
D'mz

Video :


Tags :