Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Tips Mengganti Sendiri Bolham Motor


   Share :


Sumber :

Bolham atau lampu pada sepedah motor termasuk komponen yang sangat dibutuhkan, terutama dimalah hari dan melewati jalan gelap. Bolham sering sekali putus karena bebannya lebih berat akibat dipakai siang malam. Untuk mengganti bolham, sebisa mungkin spesifikasinya sama dengan bawaan pabrik. 
 
Pengerjaannya pun tidak butuh waktu lama dan hanya bermodalkan obeng kembang. Saat mengeluarkan bolham baru, usahakan memegang bibirnya, bukan kaca, karena bisa merusak pancaran sinar bolham. Anda pun bisa menggantinya tanpa harus membawa ke bengkel. Berikut tahapan proses mesti dilalui. 
 
1. Membuka 
Sebelum melepas batok lampu, copot dua skrup pengikatnya (di bagian bawah). Setelah batok terpisah dari rumah utama, copot kabel kelistrikan dari socket lampu. Setelah itu, lepas pelindung socket dan bagian belakang lampu yang terbuat dari bahan karet. 
 
2. Mengganti 
Lepas sekrup pengunci bolham dengan tatakan di batok lampu, kemudian angkat bolham dang anti yang baru. Ketika mengambil bolham baru dari bungkusnya, jangan sekali-sekali memegang bolhamnya, tapi bagian belakang (bibir lampu). Karena keringat yang ada di tangan bisa merusak pancaran sinar. Kemudian letakkan sesuai tatakan yang sudah tersedia. Pasang pengaman sebelum mengencapkan sekrup. Selanjutnya pasang karet pelindung luar. 
 
3. Memasang Kembali 
Sambungkan kabel kelistrikan seperti sediakala. Sebelum dipasang kembali, pastikan lampu tersebut sudah menyala, tentunya dengan mengaktifkan motor terlebih dulu. Jangan asal masukkan batok, sebisa mungkin rapikan kabel-kabel yang ada disekitarnya. Kencangkan sekrup penguncinya. 
 
Gampang, kan! Silahkan dipraktikkan. 
 
 
(Sumber : Koran Renon Edisi 29 Juni - 5 Juli 2012)

Video :


Tags :