Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Tips Agar Tidak Cepat Dehidrasi Saat Berpuasa


   Share :


Sumber :

Dalam tubuh kita 80% terdiri dari kandungan air. Yang membuat kita harus selalu manjaga asupan air yang sesuai agar tidak mengalami dehidrasi atau kekurangan cairan. Selama berpuasa, kemungkinan akan terjadinya dehidrasi bisa saja terjadi. Hal tersebut akan membuat tubuh tampak lemas, kelelahan, tidak bergairah, dan cepat haus. 
Namun, puasa tidak lantas membuat tubuh kita menjadi tampak tak berdaya. Bahkan sebaliknya, dapat menjaga kesehatan kita. Untuk itu sebagai tindakan prefentif atau pencegahan agar tidak mengalami dehidrasi, mari coba tips dan cara berikut ini : 
 
 
1. Minumlah air dengan cukup. 
Rata-rata dari kita membutuhkan suplay air putih sebanyak 8 gelas per hari. Itu dapat kita peroleh melalui buah, makanan berkuah, sayur, maupun yang lainnya. Tapi kali ini bagi anda yang sedang menjalankan ibadah puasa, minum setelah waktu imsyak dan sebelum waktunya maghrib (+/- 12 jam) mutlak tidak diperbolehkan. Untuk mensiasati ini, minumlah 3-4 gelas air sesaat sesudah makan saur (disarankan ketika mendekati waktu imsyak). Dan 4 gelas setelah buka puasa. 
 
Untuk tips berbuka, jangan minum langsung secara berlebih. Minum air putih terlebih dahulu tidak lebih dari satu gelas ukuran sedang. Kemudian makanlah sesuai dengan porsi biasanya, jangan kurang dan jangan pula berlebih. Setelah itu minumlah 1-2 gelas air. Bagi yang akan melaksanakan sholat tarawih, 2 gelas berikutnya dapat diminum sesudah sholat tarawih. 
Usahakan ketika menjalankan ibadah puasa untuk tidak mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung banyak kafein, karena kandungan kafein dalam makanan/minuman akan menghilangkan manfaat dari air itu sendiri. 
 
2. Minum dan konsumsilah susu 
Dari sebuah penelitian disebutkan bahwa susu (milk) lebih baik untuk menghindari dehidrasi dari pada jenis minuman supplement. Hal ini dikarenakan susu kaya akan kandungan protein, karbohidrat, kalsium, dan elektrolit. 
 
3. Konsumsi Buah-buahan yang mengandung banyak air 
Mengkonsumsi buah, misalnya melon, semangka, jeruk, buah pir, dan sebagainya adalah pilihan yang cocok dan pas ketika kita menjalankan Ibadah puasa. Selain enak dan manis untuk dikonsumsi dalam kandungan buah-buahan juga banyak mengandung banyak air yang dapat diserap oleh tubuh serta kaya akan vitamin. Konsumsilah buah-buahan yang segar dan mengandung banyak air ketika sahur dan berbuka puasa. 
Semoga tips tersebut dapat bermanfaat bagi kita semua. Kami mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa 1433 H / 2012 M bagi yang menjalankan. Semoga amal dan ibadah kita diterima oleh Allah SWT. Aamiin... 
 
D'Maz

Video :


Tags :