Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Agar Tidak Terlalu Sering Buang Gas


   Share :


Sumber :

Kebanyakan dari kita dalam mengkonsumsi makanan terdiri dari buah, sayur, dan biji-bijian. Dan tahukah anda dari sekian banyak makanan yang kita konsumsi tersebut banyak yang mengakibatkan kita sering buang angin alias "buang gas". Diantara makanan tersebut adalah apel, brokoli, kacang-kacangan, cabai, daging sapi dan beberapa yang lainnya. Efek yang ditimbulkan karena buang gas yang tidak mengenal situasi dan kondisi tersebut adalah mengakibatkan kehidupan sosial bisa buruk. 
Untuk itu ada beberapa tips yang dapat Anda gunakan sebagai minimalisir dari efek yang ditimbulkan dari perut kembung dan sering buat gas akibat konsum beberapa makanan diatas. Simak apa saja yang bisa kita lakukan. 
 
1. Untuk dapat menghindari sering buang gas tentunya Anda harus menghindari sumber atau pokok dari penyebabnya. Yaitu kurangi mengkonsumsi kacang-kacangan, brokoli, telur, maupun susu. 
2. Makan secara perlahan dan kunyah dengan baik sebelum ditelan, hindari makan sambil ngobrol atau berbicara, jangan minum melalui sedotan, dan jangan pula makan sambil merokok. Hal ini dapat menambah jumlah udara yang tertelan kedalam perut bersamaan kita makan. 
3. Jangan memakan makanan dalam kondisi panas dengan minum es yang sifatnya dingin, atau juga sebaliknya. Karena perubahan suhu secara mendadak di perut akan memicu produktivitas dalam pembuatan gas dalam perut. 
4. Jangan makan dalam porsi yang terlalu besar. Karena jika kita makan dalam porsi yang lumayan banyak akan mengakibatkan perut terasa bengah dan penuh. Sebaiknya kita makan sebanyak 6 kali daripada makan 3 kali tapi dalam porsi yang luarbiasa (porsi besar). 
5. Konstipasi dan sembelit juga dapat menyebabkan perut menjadi kembung. 
6. Konsumsilah makanan yang mengandung lactobacillus ataupun prebiotik untuk memperbaiki proses pencernaan di dalam usus. 
7. Minuman yang mengandung peppermint, jahe, atau chamomile juga bisa mengatasi perut kembung. 
 
D'Maz 
twitter @muqodimansyah

Video :


Tags :