Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

AGAR TAK TERTIPU OBAT PALSU


   Share :


Sumber :

 
Dengan semakin maraknya obat palsu yang beredar dipasaran, kita dituntung eksta waspada dan hati-hati dalam memilih obat. Tidak ada salahnya bagi kita untuk mencoba dan menerapkan beberapa tips yang dapat menyangkal atau setidaknya dapat meminimalisir kita untuk terhindar dari obat palsu tersebut. 
 
1. Perhatikan Kemasan 
Yang pertama kali harus Anda perhatikan adalah kemasan obat. Apakah kemasan rusak (sobek, tak tersegel, kucel, penyok, dll). Jika memang dalam kondisi cacat ditambah lagi kemasan yang kotor (tidak dalam keadaan bersih), usahakan tidak membeli barang tersebut. 
 
2. Cermati Label Kemasan 
Berbagai informasi akan dapat ditemukan pada kemasan suatu produk, di mana informasi tersebut berisi mengenai nama produsen, batch number, kode produksi, tanggal kadaluarsa, nomor registrasi, serta nomor ijin edar dari Badan POM. 
 
3. Penawanan harga yang murah 
Bangdingkan harga obat tersebut. Jika perbedaanya jauh lebih murah maka Anda wajib waspada meskipun itu belum 100% pasti obat palsu. Yang dimaksudkan untuk membandingkan adalah dengan produk yang sama, kemasan yang sama, dan produsen yang sama pula. 
 
4. Belilah obat di apotek yang terpercaya 
Membeli obat pada apotek yang terpercaya merupakan tindakan yang bijak. Kebanyakan dari mereka menjual obat dengan harga yang memang agak lebih mahal dibandingkan dengan yang lain. Mintalah pula penjelasan secara jelas mengenai obat tersebut kepada apoteker. 
 
5. Sampaikan pada dokter ketika keluhan tidak mereda 
Setelah Anda meminum atau mengkonsumsi obat tetapi keluhan anda tidak mereda, ada baiknya segera hubungi dokter agar mendapat diagnose dan penanganan yang tepat. 
 
6. Musnahkan obat yang telah kadaluasa 
Tindakan ini dapat menghindari pemanfaatan kembali obat yang kadaluarsa tersebut oleh pihak atau oknum yang tidak bertanggung jawab. 
 
 
D'Maz 
twitter @muqodimansyah

Video :


Tags :