Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

AYO..... Cuci Tangan, Cegah Penyakit


   Share :


Sumber :

Mencuci tangan adalah hal yang terkesan wajar dan biasa. Namun tak sedikit dari kita yang dapat melakukannya dengan baik dan benar. Kebanyakan dari kita hanya mencuci tangan "sekedar basah". Padahal mencuci tangan tidak hanya berdampak pada kehidupan fisik kita aja, namun juga dapat berdampak secara psikologis, karena dengan tangan bersih kita tidak akan merasa takut dengan adanya kuman yang bersarang pada tangan kita. 

Kenapa harus cuci tangan? Ya, Karena dengan mencuci tangan dapat mengurangi resiko tertular berbagai penyakit. Dikatakan demikian, sebab tangan merupakan salah satu jalur utama bibit penyakit yang dapat disalurkan antar tangan dalam kehidupan sehari-hari. Mencuci tangan dengan sabun dan air yang mengalir dapat juga mencegah infeksi berbagai infeksi penyakit seperti diare dan typhus. Sayangnya, masyarakat Indonesia belum terbiasa dengan kebiasaan sehat ini. Malah cenderung menggunakan cairan antiseptik yang dianggap lebih praktis. Padahal, membiasakan diri mencuci tangan dengan sabun menjadi cara termudah dan termurah untuk mencegah minimal 10 masalah kesehatan karena kuman. 
Mencuci tangan pakai sabun dapat menurunkan risiko diare hingga 47 persen. Selain diare, penyakit lain yang dapat dicegah melalui cuci tangan dengan sabun adalah radang tenggorokan, masalah saluran pernapasan, disentri, iritasi kulit, biang keringat, mata merah, jerawat, bau badan dan tipus. 
Kapankah kita harus mencuci tangan? 
1. Setelah melakukan aktivitas di toilet 
2. Sebelum makan 
3. Setelah menggunakan barang yang dipakai oleh orang banyak 
4. setelah bersalaman dengan banyak orang 

Begini cara mencuci tangan dengan benar : 
1. Basahi sampai bersih dan rata tangan kita dengan air bersih yang mengalir. 
2. Sabuni telapak tangan kita sampai berbusa. 
3. Usap-usap kedua telapak tangan. 
4. Usap kedua bagian punggung tangan 
5. Bersihkan jari dan kuku jari kita sampai bersih. 
6. Bilas dengan air bersih. 
7. Lap dengan lap tangan atau tisu yang bersih sampai kering. 

Lakukan Kebiasaan Hidup Sehat Dari Sekarang... 


D'Maz 

twitter : @muqodimansyah

Video :


Tags :