Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Cewek Ganti Ban Mobil, Bagaimana Caranya?


   Share :


Sumber :

BAGI cewek, mengganti ban mobil sendiri merupakan hal yang sukar untuk dilakukan. Namun bukan berarti cewek tidak bisa melakukan hal tersebut. Cewek dalam mengemudikan mobil pasti pernah mengalami ban pecah atau kempes. Apalagi dalam perjalanan jauh peristiwa ini sering terjadi. Saat mengalami hal tersebut, tidak semua cewek bisa melakukannya. Dalam mengganti ban perlu diketahui cara atau tips mengganti ban mobil yang baik. Dari beberapa pengalaman, berikut coba dibagikan langkah yang diperlukan. 
 
 
 
1. Dalam berkendara, mobil kadang mendadak bergoyang, salah satu penyebabnya ban pecah atau kempes. Ketika mengetahui keadaan tersebut, segera menepi dan parkir mobil di tempat aman dan rata. 
2. Amankan mobil dengan cara menarik rem tangan agar tidak melaju sendiri. Ganjal ban mobil dengan benda keras (batu dan kayu) jika berada di tanjakan. Bila keadaan terlalu curam mobil bisa diparkir secara diagonal. 
3. Nyalakan hazard lamp dan pasang segitiga pengaman beberapa meter di belakang mobil. Untuk menjaga jarak aman sekaligus memberitahu pengendara lain yang melintas bahwa mobil anda sedang bermasalah. 
4. Sebelum memegang peralatan, pakai sarung tangan jika diperlukan untuk menjaga kehalusan kulit tangan. Baca buku panduan manual terlebih dahulu untuk mengetahui jenis peralatan dibutuhkan dan tempat peralatan tersebut dalam mobil. Pada umumnya peralatan yang tersedia yakni ban cadangan, dongkrak, dan kunci roda. Siapkan semua di tempat rata dan mudah dijangkau. Jika tidak mampu mengangkat ban serep cukup geser, didorong atau digelindingkan. 
5. Kemudian buka penutup roda jika ada. Longgarkan baut roda, putar baut menggunakan kunci roda berlawanan jarum jam, jika terlalu sulit atau berat bisa menggunakan kaki 'injak kunci' untuk melonggarkan baut. Semua baut dilonggarkan tapi tidak sampai lepas 
6. Setelah baut-baut longgar, pasang dongkrak mobil. Posisikan dongkrak di tempat yang telah ditentukan sesuai dengan buku paduan manual agar tidak merusak mobil. Dongkrak mobil sampai roda terangkat dengan ketinggian yang memungkinkan melepas dan memasang ban. 
7. Setelah roda terangkat, lepaskan semua baut roda tadi dan taruh baut di tempat aman dan mudah terjangkau.
8. Jika semua baut sudah terlepas, ban mobil bisa ditarik untuk dilepas. Kadang bagi cewek ban mobil cukup berat, jika kesulitan bisa minta bantuan orang lain. Kemudian letakan ban yang sudah dilepas pada tempat rata dan aman.Bisa juga dengan cara, ban cukup geser, didorong atau di gelindingkan. 
9. Pasang ban cadangan di posisi yang tepat. Kemudian pasang kembali baut-baut roda secara bersilangan. Tidak perlu khawatir jika baut belum terpasang dengan kuat, dapat mengencangkannya setelah dongkrak diturunkan 
10. Kemudian turunkan dongkrak perlahan-lahan sampai roda menyentuh tanah. Kencangkan baut roda dengan memutarnya searah jarum jam menggunakan pola bersilang. Pastikan ban sudah terpasang dengan kuat. Jika masih kurang kencang bisa tekanan menggunakan kaki. 
11. Taruh ban yang rusak dan peralatan ke tempatnya. Cek kembali sebelum memasukkan ke dalam mobil. 
 
Sumber berita : www.koranrenon.com

Video :


Tags :