Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Beberapa Makanan Pengundang Mood


   Share :


Sumber :

Tahukah Anda bahwa makanan memiliki peran besar khususnya dalam memengaruhi mood atau suasana hati? Cemas, gelisah, atau depresi mungkin bisa jadi tanda bahwa suasana hati Anda sedang tidak baik. Tapi tidak perlu khawatir, Anda bisa meningkatkan mood dengan mencoba beberapa makanan berikut ini:
 
 
 
 
 
1. Kerang. Kerang memiliki tingkat kandungan vitamin B12 yang tinggi dan berfungsi melindungi otak Anda tetap sehat dan tajam seiring bertambahnya usia. Disamping itu, makanan laut itu juga memiliki nutrisi penting seperti zinc, yodium dan selenium untuk menyeimbangkan mood Anda. Senyawa tersebut sangat penting untuk menjaga kadar tiroid Anda dan mengatur suasana hati tetap pada jalurnya. 
 
2. Madu. Konsumsi gula diketahui dapat merilis radikal bebas berbahaya yang terkait dengan penyakit kanker. Meski pun rasa madu manis seperti gula, tetapi madu memiliki kandungan bermanfaat seperti kuersetin dan kaempferol yang dapat membantu membersihkan radikal bebas dan mengurangi peradangan. 
 
3. Dr Ramsey menyebut bahwa telur makanan yang sempurna. Telur dapat mempromosikan mood seseorang dengan kandungan nutrisi penting didalamnya seperti omega-3 asam lemak, seng, vitamin B, dan iodida, yang juga akan membuat Anda kenyang dan berenergi. Pilihlah telur yang dalam proses pembuatannya tidak menggunakan berbagai macam hormon (seperti hormon progesteron) dan obat-obatan supaya ayam cepat tumbuh dan memproduksi banyak telur. 
 
4. Semua jenis tomat adalah sumber likopen, lemak larut phytonutrisi yang membantu melindungi lemak otak vital. Nutrisi ini juga dapat menghentikan penumpukan proses inflamasi yang dikaitkan dengan risiko depresi. Dr Ramsey menjelaskan, untuk memaksimalkan penyerapan senyawa likopen (yang terkandung pada tomat) pada tubuh, Anda dapat memasaknya terlebih dahulu dengan minyak zaitun. 
 
5. Mungkin Anda pernah bertanya-tanya mengapa setelah makan coklat tubuh terasa lebih baik? Tentu, selain karena rasanya yang enak, coklat juga dapat membuat konsentrasi dan mood Anda meningkatkan. Ketika aliran darah ke otak meningkat, hal ini membantu Anda merasa lebih bersemangat dan berenergi. Sebuah studi terbaru yang dipublikasikan dalam Journal of Psychopharmacology menemukan bahwa makan sedikitnya beberapa ons cokelat gelap sehari dalam suasana hati yang lebih baik.
 
(dikutip dari : kompas.com)

Video :


Tags :