Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Cengkih, Apa Manfaatnya????


   Share :


Sumber :

Cengkih, mempunyai nama latin Syzygium Aromaticum atau Syn Eugenia Aromaticum yang dalam baha inggris disebut cloves, merupakan tangkai bunga kering yang mempunyai karakteristik aroma dari keluarga pohon Myrtaceae. Cengkih adalah tanaman asli Indonesia. Namun demikian tanaman ini terkenal di kalangan internasional terutama di Benua Eropa, karena di Negara-negara Eropa cengkih ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan pedas. Sedang di Indonesia sendiri cengkih lebih dikenal sebagai bahan utama dalam pembuatan rokok kretek khas Indonesia.
 
 
CENGKEH dapat dengan mudah ditemukan di daerah tropis. Selain lebih popular sebagai salah satu bahan pembuat rokok, cengkeh juga mampu untuk mengobati berbagai penyakit, salah satunya adalah sakit gigi. Sifat kimia dan efek farmakologis dari cengkih adalah sifatnya yang hangat, rasanya yang berkhasiat sebagai stimulan yang tajam, aromatik, antiseptik, anestetik lokal, menghilangkan kolik, dan obat batuk. Kandungan kimia dari cengkih adalah karbohidrat, kalsium, fosfor, besi, vitamin B1, lemak, protein, dan eugenol. 
Selama ini minyak cengkih banyak digunakan oleh dokter gigi sebagai obat penghilang rasa sakit. Minyak esensial dari cengkih mempunyai fungsi anestetik dan antimikrobial. Minyak cengkih sering digunakan untuk menghilangkan bau napas dan untuk menghilangkan sakit gigi. Zat yang terkandung dalam cengkih yang bernama eugenol, digunakan dokter gigi untuk menenangkan saraf gigi. 
Cengkih dapat didiskripsikan dengan data sebagai berikut : 
Kerajaan : Plantae 
Filum : Angiosperms 
Ordo : Myrtales 
Family : Myrtaceae 
Genus : Syzygium 
Spesies : S. Aromaticum 
Dalam pengolahan tradisional, cengkih memiliki khasiat sebagai pereda sakit gigi, sinusitis, mual, muntah, kembung, pilek, sakit kepala, maag, batuk, menstruasi tertunda, rematik, campak, dan berbagai khasiat lainnya.
 
  
 
(Ditulis dari kumpulan berbagai sumber)

Video :


Tags :