Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Hasil Padi EM4 Makin Mantap


   Share :


Pupuk organik terus diminati kelompok tani

Ardi

Oleh: Hernawardi

Amak Riamin (60) seorang Ketua Kelompok Tani di Jempong, kota Mataram, NTB ini tergolong tokoh masyaakat dan panutan petani sekitarnya. Ia diketahui  tekun mengusahakan pertanian, tidak sekedar sebagai hobi, namun sebagai upaya pelestarian lingkungan. Yang terselip dari kebiasaan Amaq Riamin ini karena getolnya ia bersama rekan-rekan petani menggunakan pupuk organik untuk meningkatkan produktivitas usaha tani.

Untuk itu ia selalu menggunakan pupuk organik dan secara bertahap mengabaikan pupuk berbahan kimia ini terlihat dari tanaman seperti padi yang telah mendongkrak padi dan tanaman palawija lain. Apa yang dilakukan Amaq Riamin juga Ketua Kelompok Tani Al-Barokah Jempong ini bukan tanpa teknologi yang digunakan. Berkat ilmu pertanian dan belajar dari leluhur sebagai seorang petani maupun informasi terbaru pemupukan organik atau alami, selama ini dia apliksikan teknologi EM untuk mengolah lahan pertanian.

Selain untuk tanaman padi di sawah, Amaq Riamin juga memanfaatkan pekarangan rumah yang dinilai lebih dari cukup untuk ditanaminya dengan berbagai jenis tanaman hortikultura dan sayur-mayur lainnya. Hasilnya memang cukup mengejutkan. Tanaman sayur-mayur seperti kubis, tomat, cabe, selada, kemangi ubi jalar, kacang panjang ia terapkan pupuk aplikasi EM4.

Pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat, daun ataupun tumbuh kembang tanaman menjadi lebih segar bahkan lebih hijau dan tahan lama jika disimpang dalam waktu lama. ”Saya sarankan kepada anggota kelompok tani lainnya untuk menggunakan EM4 ini sebagai satu-satunya pupuk yang bisa menyuburkan tanah dan meningkatkan hasil produksi,” kata  Amaq Riamin.

EM4 Pertanian merupakan bakteri hasil fermentasi berbahan organic yang mampu menyuburkan tanah. Seketika tanah dari hasil seleksi alami microorganism fermentasi dan sintetik di dalam tanah. EM4 mengandung bakteri fermentasi dari genius loctobacilius, jamur fermentasi, bakteri foto sintetik, bakteri pelarut fospat dan ragi. Untuk fermentasikan bahan organik di dalam tanah menjadi unsur-unsur organik dan meningkatkan kesuburan teknis sehingga produktivitas tanaman menjadi lebih banyak.

EM4 cocok untuk tanaman perkebunan, hortikultura, tanaman pangan, palawija karena sifatnya tidak beracun dan tidak menimbulkan pencemaran. Dengan EM4 bisa menggerakkan pertumbuhan tanaman hias seperti anggrek, mawar, eufobia, supplkier, chrisantimun dan lain.



Tags :