Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Endek Buleleng Diminati Pasar Luar Negeri


   Share :


Oleh: IMB Andi Purnomo

Perajin asal Kecamatan Seririt, Kabupaten Buleleng, Bali, memproduksi berbagai kerajinan tas berbahan kain tenun "endek" yang sangat diminati wisatawan termasuk dari luar negeri. "Kain tenun endek merupakan kain asli Bali Utara yang sangat cocok dijadikan berbagai macam tas," kata Ketut Sumiati, seorang perajin tas endek asal Buleleng, Bali, Sabtu (23/7).

Pihaknya produksi berbagai macam motif tas berbahan kain endek mulai dari motif tas modern, motif tas klasik dan motif perpaduan kain endek dan songket. Selain itu, pihaknya juga membuat tas berbahan kulit sapi dan kulit ular dipadukan dengan beberapa jenis endek yang terkenal seperti endek mastuli dan cagcag.

Berbagai produk buatan itu dilempar ke pasar   berkisar Rp 900 ribu sampai Rp 7 juta sesuai dengan model dan bahan dari produk itu sendiri. "Harganya menyesuaikan dengan kualitas dari produk itu sendiri, semakin mahal dan langka bahan pembuatnya, maka semakin mahal pula harganya," kata dia.

Soal prospek  pemasaran, selama ini dirinya mengirim berbagai hasil produksi ke beberapa daerah di Bali dan juga daerah lain di luar Bali. "Untuk di luar Bali, kami fokuskan pemasaran hingga ke berbagai negara di Asia dan Eropa karena minat mereka membeli berbagai macam tas kain tenun Pulau Dewata cukup tinggi," kata dia.



Tags :