Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Minum Jamu Harus Digelar Secara Rutin


   Share :


Kegiatan minum jamu nasional dihadiri sekitar 2.000 orang sebagai upaya mengenalkan, melestarikan dan memasyarakatkan jamu tradisional kepada masyarak

Putu Wirnata/Koran Pak Oles

Oleh: Albertus Kin Ose M

Dewan Penasihat DPP GP Jamu Indonesia, Charles Saerang menegaskan, gelaran bertajuk Gerakan Nasional Minum  dan Cinta Jamu perlu digelar secara rutin di setiap daerah guna lebih memopulerkan jamu ke setiap masyarakat di Indonesia. "Kegiatan ini sangat strategis dan harus berkesinambungan untuk memasyarakat jamu ke setiap orang, minimal kepada generasi muda,’’ tegas Charles Saerang di Lapangan Niti Mandala Renon, Kota Denpasar pada Sabtu (30/1).

Owner Jamu Ny Meneer itu menilai, gelaran nasional minum dan cinta jamu di Bali sangat ideal. Selain dikenal sebagai daerah pariwisata unggulan di Indonesia, Bali cukup strategis untuk menjadi pintu bagi wisatawan asing mengenal dan ikut memasyarakatkan minum tradisional warisan leluhur ini.

Kegiatan minum jamu nasional dihadiri sekitar 2.000 orang sebagai upaya mengenalkan, melestarikan dan memasyarakatkan jamu tradisional kepada masyarakat, terutama kalangan generasi muda. Acara yang diprakarsai DPD GP Jamu Propinsi Bali itu melibatkan sekitar 2.000 orang yang dihadiri Dirjen Pelayanan Kesehatan Tradisional Kemenkes, Menarwati, Spt  dan Ketua Umum DPP GP Jamu Indonesia, Dwi Ranny Pertiwi zarman, Kadiskes Bali,  Ketut Suarjaya, Ketua DPD GP Jamu Jawa Timur, Dra Minarni Purnomo, Apt.MSi dan para undangan.

Helatan itu diwarnai minum jamu gratis yang disiapkan di semua stan peserta diiringi musik tradisional Bali, Baleganjur. Lewat gerakan nasional itu, dapat memasyarakatkan jamu ke seluruh Indonesia, dan dari Bali ke dunia internasional. Dengan minum jamu,  generasi muda diharapkan lebih mencintai, menghargai dan bangga dengan warisan leluhur bangsa Indonesia itu.

Adapun DPD GP Jamu yang hadir antara lain Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan DKI Jakarta. Kegiatan itu didukung penuh oleh Jamu Sido Muncul, Borobudur, Sati Ayi, Mustika Ratu, Vermindo, Air Mancur, Ramuan Pak Oles, Bali Tangi, Pegadaian, Phyto Chemindo, Hari Fatma, Makota Desa, Jamu Ibu dan Yamaha Denpasar.

Selain itu, digelar donor darah massal, konsultasi kesehatan, taksu Bali, Prana, Valun Dava, Yoga Segar Oger, Tetada Kalimasda, Poco-Poco, line dance dan modern dance. Juga dihibur oleh sejumlah artis dan band di Bali seperti Ayu Saraswati, Grup Band The Nine, Nano Biru dan Grup Band Kiss.



Tags :