Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Griya Sehat UNHI Padukan Ayurveda – Usada Bali


   Share :


Suasana peresmian Griya Sehat Ayurveda Universitas Hindu Indonesia Denpasar, yang memadukan ilmu pengobatan Ayurveda dengan Usada Bali.

net

Oleh: Ni Luh Rhismawati
        Menteri Ayurveda, Yoga and Naturopathy, Unani, Siddha and  Homoeopathy (AYUSH) India, HE Shri Shripad Y meresmikan Griya Sehat Ayurveda  Universitas Hindu Indonesia Denpasar, yang memadukan ilmu pengobatan Ayurveda dengan  Usada Bali. "Kami launching dan disampaikan ke publik jika di Bali ada pengobatan  (usada-red) tradisional, yaitu di Unhi Denpasar," kata Rektor Unhi Prof Dr drh I Made  Damriyasa, di sela peresmian klinik tradisional Griya Sehat Ayurveda tersebut, di  Denpasar .
       Menurut Prof Damriyasa, fungsi  Griya Sehat itu sendiri ada dua yakni selain untuk pengobatan tradisional juga sebagai tempat pendidikan, karena Unhi Denpasar memiliki Program Studi Kesehatan Tradisional dan satu-satunya di Indonesia. Dengan begitu, Unhi Denpasar akan menjadi kampus satu-satunya yang memiliki Prodi Kesehatan Tradisional di Indonesia dilengkapi fasilitas hampir sama dengan rumah  sakit pendidikan. "Melalui Griya Sehat ini, kami ingin menghidupkan kembali tradisi pengobatan  tradisional yang menggunakan sumber bahan-bahan alami dari tanaman obat-obatan sehingga  tidak ada efek sampingnya," ujarnya.
       Di samping itu, yang diadopsi tidak hanya sistem pengobatan tradisional Ayurveda dari India, tetapi juga pengobatan tradisional Usada Bali yang dimiliki Bali, yang merupakan  warisan dari tradisi, adat dan budaya. Terkait digandengnya Kementerian AYUSH, India, karena Griya Sehat tersebut fasilitasnya didukung dari International Centre for Cultural Studies (ICCS) India, dan kurikulum yang dibangun antara Ayurveda dengan Usada Bali. "Di India, masalah kesehatan tidak ditangani kementerian kesehatan seperti di  Indonesia, tetapi memiliki kementerian yang namanya ICCS, kombinasi  antara Ayurveda dan  yoga," ucap Prof Damriyasa.



Tags :