Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Hanny Nurmalita Anggadewi


   Share :


Dedi Priono

            Jamu tradisional sebagai warisan leluhur nenek moyang tergerus oleh minuman instan yang belum tentu baik pada kesehatan. Hal tersebut sangat menyedihkan, mengingat  jamu adalah nimuman kesehatan dan sebelumnya digandrungi oleh masyarakat. Tradisi minum Jamu tidak boleh hilang, karena  Jamu merupakan bagian warisan leluhur nenek moyang.  
            “Tradisi minum jamu perlu dihidupkan kembali dalam keluarga, karena selain manfaatnya untuk kesehatan, minum jamu juga ikut melestarikan budaya,”ujar  Hanny Nurmalita Anggadewi, Duta Jamu, Jawa Tengah  2018 pada acara talk show bertajuk Generasi Milenial Cinta Jamu di Gedung Smesco, Jakarta belum lama ini.  
            Kampaye minum jamu gencar dilakukan oleh mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi FISIP Undip ini kepada generasi milenial yang kini asing dengan jamu. Mereka terbiasa minuman instan yang serba praktis, Dan  jamu sangat asing ditelinga mereka,” inilah tugas saya, memang berat  dan itu tantangan tersendiri bagi saya, mengenalkan jamu yang identik  rasa pahit, namun setelah dijelaskan seluk beluk jamu dan proses pembuatan yang panjang, serta kasiatnya bagi kesehatan mereka tertarik, dan ada upaya dari pelajar mencintai jamu,” jelas Gadis kelahiran Semarang, 8 April 1996.
            Anak pertama dari pasangan Sri Heru dan Hengky berharap gerakan memperkenalkan jamu lebih digencarkan lagi, terutama kepada generasi sekarang. Kalau perlu jamu sudah harus diperkenalkan kepada kalangan anak-anak Taman Kanak-kanak (TK) seperti yang pernah dilakukannya bersama komunitas Duta Jamu.
            “Jamu sudah harus dikenalkan sejak usia dini, dan itu bisa dimulai dari Taman kanak kanak,  Jangan sampai anak cucu kita tidak mengenal jamu, atau bisa-bisa jamu diakui oleh pihak lain karena kita tidak bisa menjaganya,” kata anak pertama dari dua bersaudara itu. jamu tradisional merupakan bagian dari warisan leluhur nenek moyang.  “Dengan minum jamu, kita ikut melestarikan warisan budaya ,” ujarnya.
            Hanny berharap gerakan minum jamu lebih digencarkan lagi, terutama kepada generasi milenial. Mengingat, tradisi minum jamu sudah jarang di temui dimasyarakat. Jamu dari bahan alami sehingga sangat baik untuk kesehatan. “Ingin sehat, ya minum  jamu, “  ujar Hanny yang mahir meracik beragam  jamu tradisional. (Dedi Priyono) 



Tags :