Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Festival Keraton Digelar Di Tanah Datar


   Share :


net

Oleh: Syahrul Rahmat
Kegiatan Festival Keraton Nusantara yang ke XII tahun 2018  digelar di Kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, bersamaan dengan digelarnya agenda Festival Pesona Budaya Minangkabau oleh pemerintah setempat. Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disparpora) Tanah Datar Abdul Hakim di Batusangkar, Jumat (9/11) mengatakan kegiatan Festival Keraton tersebut  masuk ke dalam rangkaian kegiatan Festival Pesona Budaya Minangkabau.
‘Raja-raja se Nusantara  menggelar kirab, yang direncanakan akan dilaksanakan di kawasan Pasar Batusangkar, pada 29 November" katanya. Kegiatan tahunan Festival Pesona Budaya Minangkabau  tanggal 28 November hingga 2 Desember 2018.
Abdul Hakim menyebut, terdapat lebih kurang 47 raja se Nusantara yang akan hadir dalam kegiatan tersebut dan dilengkapi dengan para pengiring. Setidaknya separuh dari raja-raja yang hadir dan jumlah lebih dari 1000 orang. Satu rombongan raja yang hadir dalam festival ini akan membawa pengiring sebanyak 30 hingga 40 orang, sehingga diperkirakan akan ada ribuan tamu dari rombongan raja-raja se Nusantara. "Kita siap menyukseskan festival ini, sebab kita tidak tahu kapan lagi raja-raja tersebut akan menggelar hal serupa di Tanah Datar," ujarnya.
Senada, Asisten Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tanah Datar, Edi Susanto mengatakan pelaksanaan Festival Pesona Budaya Minangkabau kali ini juga sejalan dengan kegiatan Festival Keraton Nusantara. Selain hadiri agenda lain, para raja beserta pengiring yang berasal dari lebih kurang 40 kerajaan dan kesultanan tersebut juga akan mengikuti kirab.



Tags :