Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Sleman Kukuhkan Lima Sentra Industri


   Share :


net


Oleh:: Victorianus Sat Pranyoto
       Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman, dalam rangka pembinaan dan pengembangan industri kecil menengah di wilayah setempat akan mengukuhkan sejumlah sentra industri kecil. "Berkenaan dengan hal tersebut Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sleman melalui Bidang Perindustrian akan melaksanakan pengukuhan sejumlah sentra industri kecil di Kabupaten Sleman secara bertahap," kata Kadisperindag Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Tri Endah Yitnani , Minggu 914/10).
       Untuk 2018 ditargetkan sebanyak 5 sentra industri kecil yang dikukuhkan. Hingga kini baru  20 dari 51 sentra industri kecil di Kabupaten Sleman yang telah dikukuhkan. Pengukuhan sentra industri itu sebagai komitmen Pemkab Sleman untuk berdayakan ekonomi lokal dan penguatan daya saing produk lokal untuk meningkatkan kompetensi dalam persaingan ekonomi global.
       Pengukuhan sentra industri ditujukan untuk meningkatkan peran serta kelembagaan sentra dalam pemberdayaan ekonomi industri kecil. Pada setiap acara seremonial pengukuhan sentra industri diundang 100 orang tamu undangan yang terdiri dari pelaku usaha sentra dan stakeholder termasuk tokoh masyarakat dan instansi terkait.
       Tri Endah mengatakan, acara seremonial merupakan ajang untuk mengajak seluruh pelaku usaha dan masyarakat untuk bersama-sama memajukan potensi industri kecil yang ada di masing-masing wilayah. Kegiatan itu sekaligus mendorong kesadaran masyarakat untuk menggunakan produk lokal sehingga produk IKM mampu menjadi tuan rumah di wilayah sendiri.
       Selama Oktober 2018 dikukuhkan 5 sentra industri kecil yakni Sentra lndustri Tirai (Kerai) Bambu di Dusun Ngrenak, Sudomoyo, Godean pada 24 Oktober, Sentra Industri Ragam Metal di Dusun Sekar Suli, Sendangtirto, Berbah, Sleman pada 25 Oktober. Sentra Industri Jamu Tradisional di Dusun Gesikan, Merdikorejo, Tempel pada 29 Oktober, Sentra Industri Ayaman Bambu Sumberagung di Moyudan pada 29 Oktober dan Sentra Industri Tenun ATBM di Desa Sumberarum, Moyudan pada 31 Oktober.



Tags :