Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

SMKN Bansari Dalami Wirausaha Pak Oles


   Share :


Sejumlah siswa/i SMKN Bansari belajar ke Pak Oles Green School Waribang, Kesiman, Denpasar Timur.

Wirnata

Oleh: Putu Wirnata
       Puluhan Siswa/i SMK Negeri 1 Bansari, Temanggung, Jawa Tengah jurusan Pertanian Agribisnis Tanaman Pangan belajar ke Pak Oles Green School (POGS) di Bokashi Farm Waribang, Kesiman, Denpasar Timur. Kehadiran siswa kelas XII tersebut merupakan program kunjungan praktek lapangan. Rombongan diterima Kepala POGS, Koentjoro Adijanto. Mengawali materi, pria yang akrab disapa Yoyok ini menjelaskan terkait cikal bakal berdirinya PT Karya Pak Oles Tokcer (KPOT) yang bergerak di bidang produk herbal dan juga memiliki produk pertanian.
        “Teknologi EM (effective microorganisms) temuan dari Prof  Dr Teruo Higa dari University of The Ryukus, Okinawa, Jepang yang dibawa Gede Ngurah Wididana (Pak Oles) ke Indonesia khususnya Bali menghasilkan banyak produk turunan yang berkhasiat bagi masyarakat antara lain Minyak Oles Bokashi. EM dikembangkan untuk menunjang pembangunan pertanian ramah lingkungan, menekan penggunaan pupuk kimia dan pestisida dengan sistem alami yang  dapat meningkatkan produktivitas tanah, mengurangi biaya produksi dan hasilkan bahan pangan yang bebas bahan kimia sehingga bersih dan sehat untuk di konsumsi,” jelas Yoyok.
       Taufik, salah satu guru SMK Negeri Bansari yang ikut dalam rombongan mengatakan, pihaknya ingin memberikan wawasan terhadap peserta didik sesuai kompetensi mereka. Selain menambah wawasan, juga memberikan motivasi berkaitan dengan apa yang mereka  miliki di daerah asal sesuai jurusan pertanian agribisnis tanaman pangan. ‘’Apa yang mereka lihat, bisa dikembangkan.  Ini merupakan sebuah bentuk  motivasi dan inspirasi dalam berwirausaha,’’ ujarnya.
       Kunjungan ke Pak Oles sebagai sebuah solusi yang tepat untuk menambah wawasan terutama  berwirausaha dan semoga para siswa SMK bisa melihat, meniru dan modifikasi hasil kunjungan tersebut. “Kami berharap siswa lebih jeli melihat peluang sebagai seorang wirausaha, mereka harus belajar mengamati, meniru dan modifikasi yang ada di Pak Oles ini. PT KPOT merupakan contoh yang baik bagi kami, sebuah perusahaan bisa manfaatkan kearifan lokal dengan mengembangkan tanaman herbal,” ujarnya.
       Para siswa SMK Negeri I  Bansari itu sudah lama melakukan aksi nyata dalam bidang pertanian baik dalam menanam, mengolah menjadi produk hingga memasarkan. “Di lingkungan sekolah ada lahan seluas dua hektar dan lahan tersebut ditanami jagung, sayuran hingga buah-buahan yang dikelola secara organik. Dari hasil tanaman tersebut diolah menjadi sebuah produk seperti jus, keripik dan rempeyek. Hasil olahan dipasarkan di lingkungan sekolah dan luar sekolah,” tutupnya.
       Selama di Bokashi Farm, rombongan siswa dapat mengamati berbagai jenis tanaman yang berkhasiat obat dan dapat membeli langsung berbagai varian produk kesehatan dan pertanian.



Tags :