Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Ribuan Peserta Ikuti Festival Pesona Lokal Bali


   Share :


Festival Pesona Lokal (FPL) yang digelar di Lapangan Renon, Denpasar berlangsung meriah dengan berbagai acara. Salah satunya parade budaya dan lomba m

Wirnata

Oleh: Putu Wirnata
      Festival Pesona Lokal (FPL) yang ketiga digelar di Lapangan Renon, Denpasar, Bali, Minggu (23/9) setelah sukses digelar di Bandung dan Solo Raya. FPL di Bali dibuka  Direktur Keuangan Adira Finance, I Dewa Made Susila, Head of Sales Service & Distribution (Bali Nusa Tenggara) Adira Finance, Surya Almada dan Direktur Marketing Adira Insurance, Wayan Pariama dari pukul 08.00 - 17.00 diikuti 4500 peserta terdiri dari ekosistem Adira Finance seperti karyawan, dealer, agen, mitra bisnis, komunitas, pelajar dan masyarakat umum.
      FPL sebagai program CSR bersama Adira Finance, Kementerian Pariwisata (Pesona Indonesia) dan iNews yang didukung Adira Insurance. Kegiatan itu untuk promosikan potensi budaya, pariwisata dan kearifan lokal suatu daerah. Kegiatan FPL  diadakan di Bandung, Solo Raya, Bali, Makassar, Medan, Pontianak, Malang, Palembang, dan Jakarta dari September hingga November 2018.
      Parade Karnaval Budaya  mengawali FPL yang diikuti sekitar 1000 peserta dengan menampilkan baju adat, musik tradisional hingga seni pertunjukan khas budaya Bali. Antara lain Ngelawang (Barong Dance), Seni Tabuh Adi Merdangga dan Ogoh-ogoh. Karnaval budaya mengelilingi lapangan Renon dengan melewati Jl Cok Agung Tresna menuju Jl Raya Puputan.
      Selain itu, Lomba Mural dengan tema Pesona Kotaku serta Lomba Kreasi Masakan Khas Daerah dengan tema Tipat Blayag juga meramaikan Festival Pesona Lokal Bali. Selain itu, terdapat Lomba UMKM di mana akan dipilih tiga UMKM terbaik yang akan mendapatkan hadiah berupa uang tunai. Pengunjung disuguhi pasar rakyat yang dimeriahkan oleh booth-booth sponsor dan puluhan UMKM dengan produk kuliner dan kerajinan khas Bali.  FPL Bali, harap Made Susila dapat menjadi acara tahunan ikonik, yang menarik wisatawan baik dalam maupun luar negeri. (Wirnata)
Melbourne Symphony Orchestra Tampil Di Jakarta
       Anggota orkestra tertua di Australia dan salah satu lembaga seni yang paling bergengsi, Melbourne Symphony Orchestra (MSO), telah datang ke Indonesia untuk berbagi bakat dan keterampilan dengan penonton dan musisi Indonesia. Di Jakarta, kuartet gesek dari MSO mengadakan kelas master dengan musisi klasik lokal dan tampil di Teater Purnululu, Kedutaan Besar Australia.
       Melalui siaran pers, Dubes Australia, Gary Quinlan merinci, di Yogyakarta, MSO mengadakan Youth Music Camp dengan siswa musik setempat dan tampil di Taman Budaya Concert Hall. Hubungan yang kuat antara salah satu orkestra terkemuka Australia dan komunitas musik klasik Indonesia adalah simbol dari komitmen bersama terhadap seni.
       Melbourne Symphony Orchestra telah mengadakan kamp musik tahunan di Yogyakarta sejak 2016.  Pada 2017, orkestra lengkap tampil di panggung terbuka Candi Prambanan - orkestra Australia pertama yang tampil di lokasi tersebut. “Ketika Perdana Menteri Scott Morrison berada di Indonesia baru-baru ini, beliau mengatakan adalah prioritas baginya untuk mendorong hubungan yang lebih luas antara orang-orang muda dari kedua negara,” kata Duta Besar Quinlan.
       “Saya senang melihat warga Australia dan Indonesia semakin mengenal satu sama lain melalui musik klasik dan saya berharap dapat melihat lebih banyak lagi kolaborasi semacam ini di masa depan.” Indonesia dan Australia pekan lalu menandatangani Nota Kesepahaman untuk Kerja sama dalam Ekonomi Kreatif.
       Disaksikan Perdana Menteri Morrison dan Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, Nota Kesepahaman ini menjadi dasar untuk meningkatkan kerja sama dalam sektor ekonomi kreatif, termasuk musik dan seni pertunjukan. Kunjungan itu merupakan bagian dari program kerja sama yang sedang berlangsung di bawah perjanjian resmi antara Melbourne Symphony Orchestra dan Kantor Dinas Kebudayaan Yogyakarta didukung Pemerintah Negara Bagian Victoria dan Daerah Istimewa Yogyakarta.



Tags :