Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Upaya Mandala Suci Lestarikan Calonarang


   Share :


Akin


       Belum lama berselang, ratusan orang berkumpul di Dusun Poh Gending, Desa Pitra, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan untuk meningkatkan spiritual agar diberi kekuatan dan kesediaan diri.  Warga yang hadir dengan berbagai latar belakang profesi itu ingin memohon agar selamat dalam bekerja dan dilancarkan rezeki.  
       Dengan hanya memakai media berupa air yakni dari sumber Sanghyang Aji Saraswati , air dari Jagat Nata se-Bali dan Pura Taksu Jatiluwih, Tabanan.  Selain berdoa, warga yang datang dari seluruh Bali, dan bahkan sebagian dari Jawa Timur itu untuk menjalani pengobatan rematik  (sakit tulang) dengan sarana jahe,  bore jahe dan arak.
       Ternyata, warga yang berkumpul itu adalah keluarga besar yang dipayungi Yayasan Mandala Susi. ‘’Yayasan ini bergerak di bidang seni budaya dan keagamaan dan sudah berbadan hukum serta diayomi Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI). Mandala Suci sering mementaskan seni sakral pagelaran calonarang,’’ jelas pendiri plus penuntun Yayasan Mandala Suci, Ir  I Nengah Atmaja.
       Pagelaran calonarang digelar untuk melestarikan warisan budaya Hindu, memberikan hiburan seni yang sakral, seram dan penuh mistis, memuja Dewi Durga agar melindungi umat manusia terutama ilmu-ilmu hitam. Karena itu jangan heran bila tarian Calonarang dilengkapi penusukan yang menggunakan keris tanpa luka. Juga berjalan atau menari di atas bara api namun tidak terbakar. Selain itu, dapat menetralisir ilmu hitam.
       Atmaja menambahkan, calon arang adalah seorang tokoh dalam cerita rakyat Jawa dan Bali dari abad ke-12. Pada masa kerajaan Kediri dan hingga kini pementasan calonarang masih tetap digelar. Upaya itu guna melestarikan calonarang sebagai salah satu warisan budaya leluhur, khususnya di Bali.



Tags :