Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Seniman Bali Gelar Pentas Solidaritas Lombok


   Share :


Sejumlah seniman Bali Gelar Pentas Solidaritas untuk Lombok

net


Oleh: Ni Luh Rhismawati
       Sejumlah seniman dan berbagai komunitas di Bali menggelar pentas seni bertajuk Art for Humanity, Solidaritas untuk Gempa Lombok yang diisi dengan kegiatan lelang dan pengumpulan donasi. "Pesan yang ingin kami sampaikan dari kegiatan solidaritas ini bukan dari seberapa banyak yang dikumpulkan secara nominal maupun barang, solidaritas bisa dalam bentuk dukungan dari kawan-kawan seniman dan komunitas," kata Grace Jeanie, penulis buku antologi cerpen Perempuan di Balik Bingkai yang karyanya diluncurkan dalam Art for Humanity, Solidaritas untuk Gempa Lombok itu, di Denpasar, Sabtu (26/8).
       Jeanie mengatakan, awalnya dia hanya ingin me-launching buku Perempuan di Balik Bingkai yang berisikan cerpen lama yang berhasil dikumpulkan, dan peluncuran single album Di Ujung Senja. Cerpen Jeanie itu banyak menyerap kehidupan kaum jalanan karena sewaktu remaja di Surabaya, dia biasa bergaul dengan preman, pemabuk, pelacur dan berbagai jenis manusia.
       "Karena kondisi Lombok yang terkena gempa, kok sangat tidak adil bagi kami kalau hanya membuat acara untuk launching album," ucap Jeanie yang mantan jurnalis itu dan perintis usaha event organizer JP Pro Bali.  Karena itu, kegiatan peluncuran buku dan album plus dirangkai performing art dari sejumlah seniman, kelompok teater dan komunitas seni serta lelang karya lukisan, sketsa, masakan khas Bali hingga tanaman kaktus.
       Performing Art diantaranya dari Anda Perdana, Gede XFaktor, Putu Indah Kids Voice Indonesia, Talijagat Kampung Puisi, Teater Kantor Jakarta, Teater Orok dan Kelompok Sekali Pentas. Barang seni yang dilelang berupa karya sketsa Putu Fajar Arcana dan Ayu Sulistyowati, lukisan Citra Sasmita, Polenk Rediasa, Gus Purwa dan pelukis lain. Juga lelang koleksi JP Pro Bali, foto aksi 98 koleksi Prodem Bali dan foto karya Lingkaran Photo Community. Acara itu berhasil kumpulkan dana Rp 17.426.500, yang didonasikan untuk korban gempa di Lombok, NTB.  
       Ayu Sulistyowati, jurnalis Kompas, sebagai pembuat sketsa dalam buku Perempuan di Balik Bingkai itu menambahkan, cerpen-cerpen Jeanie itu berisi pesan untuk mengingatkan orang tua jangan terlalu sibuk dengan kegiatan sendiri yang lantas mengurangi perhatian pada si buah hati.



Tags :