Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Memotret Foto Jurnalistik Dengan HP


   Share :


Wisatawan sedang menikmati keindahan Danau Buyan di Kawasan Desa Wanagiri, Sukasada, Buleleng.

Wirnata

Oleh: Nanien Yuniar Minggu

Kamera profesional bukan satu-satunya alat yang bisa diandalkan untuk memotret foto jurnalistik. Dengan teknologi canggih yang disematkan dalam handphone, ponsel pun bisa menghasilkan foto dengan kualitas yang tak kalah dari kamera profesional. 

1. Siapkan kamera terbaik

Informasi seputar fitur kamera dalam handphone saat ini sudah bertebaran di mana-mana, cari smartphone dengan kamera terbaik versimu.  Apa pun bisa terjadi di depan mata dan smartphone adalah pilihan tepat untuk mengabadikan suatu peristiwa di mana kita tak sempat atau tak bisa mengeluarkan kamera. 

Dalam situasi genting, estetika bisa dikesampingkan sejenak demi mengabadikan sebuah momen.  Kalau ada sesuatu terjadi mendadak, langsung keluarkan kamera dan tekan shutter untuk mengabadikan momen. Setelah itu, baru kita bisa cari angle terbaik, kata fotografer Fanny Octavianus. 

2. Resolusi gambar

Pilih resolusi terbesar dalam pengaturan kamera agar hasil lebih baik. 

3. Jarak pada objek

Mengingat kamera handphone punya keterbatasan dibanding kamera profesional,  dekati objek yang akan memotret. 

4. Pencahayaan

Pilih lokasi dengan pencahayaan bagus agar hasil fotonya maksimal. 

5. Sederhana

Menurut fotografer Prasetyo Utomo, kunci memotret lewat handphone adalah menjepret foto yang objek atau point of interest-nya jelas.  Simpel dan sederhana saja karena alatnya kan terbatas. 

6. Komposisi

Manfaatkan warna, bentuk, pola, background dan foreground untuk hasilkan foto yang bernilai jurnalistik. Semua itu kian  terasah seiring bertambahnya pengalaman. 

7. Asah kemampuan

Seringlah berlatih dan melihat-lihat referensi foto untuk mengasah kemampuan agar bisa menghasilkan foto yang baik.



Tags :