Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

KADIN Ingin Buat Industrialisasi Rendang


   Share :


net

KADIN Ingin Buat Industrialisasi Rendang

Rendang merupakan salah satu kuliner paling populer di Indonesia, bahkan dunia. Terkait hal ini Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) berencana menaikkan kuliner Nusantara itu ke level berikutnya dengan membuat industrialisasi rendang. "Sebenarnya industrialisasi rendang berasal dari pemikiran Wakil Ketua Umum KADIN bidang Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) dan Koperasi Muhammad Lutfi yang melihat makanan olahan yang dikenal di seluruh dunia adalah rendang. Kenapa tidak kita sebagai bangsa ini membuat sebuah industrialisasi rendang untuk bisa kita ekspor tidak hanya di pasar regional, namun juga bisa masuk ke pasar internasional," kata Ketua Komite Tetap Bidang Pengembangan dan Pembinaan Ekonomi Kerakyatan dan Koperasi KADIN Sharmila kepada Antara di Jakarta, Selasa (28/08).

KADIN berencana promosikan rendang melalui duta-duta besar asing yang berkunjung ke KADIN untuk bisa dipasarkan di negara-negara mereka. Selain itu, menurut Sharmila, KADIN juga  berupaya penuhi permintaan produk ekspor ini dari duta-duta besar dan atase perdagangan Indonesia untuk pameran-pameran di negara penempatan mereka.

"Selama ini rendang itu dibuat dalam skala usaha kecil. Kenapa kita tidak buat semacam industrialisasi yang nanti dibantu dengan teknologi bagus dan kita kerjakan sama-sama dengan metode yang sama, sehingga secara kuantitas besar namun secara kualitas sama semua rasanya. Ini yang mau kita targetkan," ujar Sharmila seusai memimpin pertemuan Sinergi Program Resto/Kuliner Ber-Jejaring.

Industrialisasi rendang juga bukan semata-mata soal masalah komersialisasi belaka, namun bisa menjadi brand sekaligus identitas kuliner Indonesia di tingkat internasional. "Saya pikir Indonesia juga membutuhkan identitas dan salah satu identitas yang bisa kita bawa ke tingkat internasional, salah satunya melalui kuliner di mana kuliner merupakan salah satu industri kreatif yang dicanangkan Badan Ekonomi Kreatif. Melalui KADIN, salah satu kuliner Indonesia yang ingin kita bawa menjadi brand yang bisa go internasional adalah produk rendang, kata Sharmila.



Tags :