Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Manfaat Kayu Manis Plus Madu Bagi Kesehatan


   Share :


net


       Indonesia merupakan negara yang kaya akan rempah-rempah. Keberadaan rempah-rempah ini tak hanya berguna untuk melezatkan masakan saja. Sebab kandungan nutrisi di dalam kayu manis ternyata juga berguna untuk mendukung kesehatan tubuh, termasuk menurunkan berat badan hingga meningkatkan kesuburan. Salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan baik dalam masakan atau praktik kesehatan adalah kayu manis. Ya, rempah-rempah berbentuk kayu kering dengan aroma manis ini memang banyak digunakan dalam masakan Indonesia mulai dari gulai hingga es buah.
       Kayu manis juga berguna untuk meningkatkan kesehatan tubuh. Berikut adalah beragam manfaat kayu manis.
1. Untuk diet
Manfaat kayu manis yang pertama adalah untuk menurunkan berat badan. Penelitian dari University of Michigan Life Sciences Institute menemukan bahwa kayu manis mengandung zat yang disebut dengan Cinnamaldehyde. Zat ini berguna untuk membantu pembakaran lemak yang menumpuk di dalam tubuh. Untuk mendapatkan kayu manis guna menurunkan berat badan, rebuslah kayu manis dan kemudian minum air rebusan tersebut dengan dicampur madu.
2. Untuk wajah
Manfaat kayu manis lainnya, untuk mendukung kecantikan kulit, khususnya kecantikan wajah. Sebabnya kayu manis memiliki sifat anti biotik dan anti mikroba yang akan melindungi kulit dari iritasi, ruam, reaksi alergi, dan infeksi. Manfaat kayu manis untuk wajah ini bisa kamu dapatkan dengan cara mengoleskan minyak esensial jika kulitmu mengalami peradangan, nyeri, atau kemerahan. Selain itu, mencampur bubuk kayu manis dengan madu juga berguna untuk mencegah jerawat atau gangguan kulit lainnya.
3. Untuk kesuburan
Dari sisi kesehatan, manfaat kayu manis sangat cocok untuk mendukung kesuburan. Kesuburan memegang peranan penting terutama bagi mereka yang mendambakan buah hati. Sebuah penelitian seperti yang dikutip dari Natural Fertility Info, konsumsi kayu manis akan mengurangi risiko wanita untuk terkena penyakit PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome. Penyakit ini membuat fungsi ovarium terganggu sehingga menyebabkan terjadinya ketidakseimbangan hormonal. Kayu manis berguna dalam melawan penyakit ini karena kandungan enzim phosphatidylinositol 3-kinase di dalamnya. Manfaat kayu manis lainnya untuk kesuburan adalah berguna untuk memperlancar siklus mentruasi bagi mereka yang jadwal datang bulanannya kacau balau.
4. Tinggi zat antioksidan
Kayu manis merupakan rempah-rempah yang tinggi akan kandungan zat antioksidan di dalamnya. Zat ini memiliki beragam manfaat seperti mengurangi kerusakan akibat radikal bebas dalam tubuh, memperlambat proses penuaan, serta mencegah stres oksidatif, termasuk memiliki kemampuan membatasi pembentukan oksida nitrat dalam peroksidasi darah dan lipid (lemak) yang bisa menimbulkan gangguan otak, penyakit kanker, hingga penyakit berbahaya lainnya. Beberapa jenis antioksidan yang banyak ditemukan di dalam kayu manis adalah polifenol, asam fenolik, dan flavonoid.
5. Mencegah peradangan tubuh
Kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis memiliki sifat anti inflamasi sehingga berguna untuk melawan berbagai tingkat peradangan di seluruh tubuh.
6. Mendukung kesehatan jantung
Penelitian telah menunjukkan bahwa konsumsi kayu manis juga berguna untuk melindungi kesehatan jantung, termasuk mencegah berbagai macam gangguan jantung lainnya seperti kadar kolesterol tinggi, tingkat trigliserida tinggi, dan tekanan darah tinggi. Sebabnya, lagi-lagi karena kandungan zat antioksidan yang membantu mencegah pembekuan darah.
7. Melawan diabetes
Kayu manis memiliki sifat sehat lainnya yakni anti diabetes. Sehingga manfaat kayu manis berikutnya adalah untuk mencegah diabetes.
Zat alami dalam kayu manis akan memblokir enzim tertentu yang disebut alanin yang akan membuat glukosa diserap ke dalam darah. Terlalu banyak proses inilah yang kemudian meningkatkan risiko diabetes.
8. Mencegah kanker
Penelitian lain menunjukkan bahwa manfaat kayu manis adalah untuk mencegah kanker. Sebabnya kayu manis mengandung zat antioksidan yang bisa melindungi terhadap kerusakan DNA, mutasi sel dan pertumbuhan tumor. Kayu manis mengandung senyawa cinnamaldehyde yang memiliki kemampuan untuk menghambat pertumbuhan tumor kanker dan melindungi DNA dari kerusakan radikal bebas yang jadi cikal bakal kanker.
9. Menyehatkan otak
Lagi-lagi karena kandungan zat antioksidan memberi manfaat kayu manis untuk mencegah penurunan kognitif dan melindungi kesehatan otak. ‘’Kandungan zat antioksidan di dalam kayu manis akan mengaktifkan protein pelindung saraf yang melindungi sel-sel otak dari mutasi dan kerusakan stres oksidatif. Sehingga penyakit dengan gangguan neurologis seperti penyakit Parkinson dan Alzheimer bisa dicegah," terang penelitian seperti yang dikutip dari Draxe.



Tags :