Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Khasiat Madu Keluluk Dipromosi Secara Intensif


   Share :


net


Oleh: Aprionis
       Kelompok petani di Desa Lubuk, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menggencarkan promosi khasiat madu keluluk yang dapat mencegah berbagai penyakit berbahaya. "Kami berharap kegiatan promosi ini dapat meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang khasiat madu keluluk yang baik untuk kesehatan," kata Sekretaris Kelompok Petani Madu Keluluk Desa Lubuk, Sani, di Pangkalpinang, Rabu.
       Hasil penelitian mahasiswa Universitas Gadjah Mada dan Universitas Indonesia menunjukkan madu keluluk mengandung vitamin B1, B2, B3, B5, B6, asam askorbat, niasin, pantotenat, biotin asam folat dan vitamin K.
       Madu keluluk juga mengandung mineral natirum (NA), kalsium (CA) magnesium (MG), alumunium (A1), besi (fe), forfor dan kalium. Selain itu juga mengandung enzim diatase, invertasem glukosa oksidase, fruktosa, peroksidase, lipase dan mengandung sejumlah kecil hormon, tembaga, iodium serta zinc. "Lebah keluluk ini tanpa sengat dan spesialis penghasil propolis sebagai pertahanan diri. Lebah ini menghasilkan sedikit madu namun berkhasiat tinggi, aman untuk diternak karena hanya menggigit tidak menyegat," katanya.
       Dengan kandungan vitamin, mineral dan enzim tersebut, madu keluluk dapat mengatasi berbagai penyakit berbahaya, termasuk meningkatkan daya tahan tubuh, mencegah stroke, memperlancar peredaran darah, meningkatkan hormon, fungsi otak dan jantung.
       Selain itu dapat memperbaiki sel tubuh yang rusak, menggendurkan bagian syaraf yang tegang, menghilangkan rasa letih, meningkatkan kecedasan anak, serta juga dapat dikonsumsi oleh penderita diabetes, membantu penyembuhan pascaoperasi, mencegah kanker dan sangat baik untuk dikonsumsi masyarakat dewasa dan lanjut usia. "Mudah-mudahan dengan kegiatan ini dapat meningkatkan minat masyarakat untuk mengonsumsi madu keluluk, sehingga petani lebih bergairah mengembangkan usaha madu lebah liar ini," katanya.



Tags :