Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Wisatawan Jepang Borong MOB


   Share :


Sejumlah wisatawan Jepang membeli produk ke kantor pusat PT Karya Pak Oles Group, Jl Nusa Kambangan, Denpasar.

Wirnata


       Kehadiran dari kunjungan wisatawan asing di Pulau Dewata selalu berimbas bagi semua lini perekonomian baik berskala lokal, nasional maupun berskala internasional. Apalagi bagi wisatawan yang sudah akrab dengan sebuah produk yang menyehatkan tubuh di negara asalnya.
       Untuk wisatawan asal negeri Matahari Terbit, produk dari pabrikan PT Karya Pak Oles Tokcer yakni Minyak Oles Bokashi (MOB) cukup familiar di kalangan masyarakar Jepang. Tidak heran lagi jika setiba di Denpasar, pasti mereka berusaha mencari lokasi dan pusat penjualan produk tersebut untuk dibawa pulang ke negaranya.  
       Tidak heran bila mereka mendatangi konter-konter bertulis Ramuan Pak Oles dan bahkan berusaha untuk langsung ke kantor pusat yang terletak di Jl Nusa Kambangan Denpasar. Biasanya tamu asal Jepang itu terkenal dengan hal-hal yang sangat detail dengan mencari tahu asal, khasiat dan manfaat sebuah produk bagi kesehatan tubuh. Usai mendengar langsung dari sumber yang dapat meyakinkan, baru dilakukan transaksi, jelas Gede Ginarka, Kepala Cabang Pemasaran Ramuan Pak Oles Bali kepada KPO di Jl Letda Kajeng 21, Yangbatu, Denpasar.  
       ‘’Pertama yang dibeli adalah Minyak Oles Bokashi (MOB), berikutnya Minyak Tetes Bokashi (MTB), Roll On Bokashi, Balsem Bokashi dan Krim Saribing. Jumlahnya gak pernah satu atau dua. Mereka langsung membeli per kotak dan per dos. Biasanya, setiap produk yang sudah diyakini sebelumnya dibeli minimal satu kotak. Untuk MOB biasanya yang dibeli selalu berukuran Jumbo @ 46 psc per dos,’’ jelas Gede Ginarka.
       Selain wisatan Jepang, juga wisatawan asal Ceko. Mereka juga sering membeli MOB dan MTB. Berikutnya wisatwan Belanda, Rusia, Amerika, Canada, Australia dan sebagainya. Meski tidak membeli dalam jumlah banyak, tetapi biasanya produk Ramuan Pak Oles itu dijadikan oleh-oleh yang khas dari Pulau Bali. Wisatawan asal Eropa dan Jepang, lanjut Ginarka,  tidak sembarangan membeli produk herbal apalagi tanpa ada izin edar yang resmi dari negara.
       Wisatawan asal Jepang yang mendatangi kantor pusat PT Karya Pak Oles Group di Jl Nusa Kambangan itu biasanya dianggap konsumen setia dan dianggap tamu. Mereka sudah terbiasa membeli Minyak Oles Bokashi (MOB) berukuran jumbo untuk kepentingan keluarga dan juga oleh-oleh bagi sahabat serta kenalan sekembali ke negaranya.
       Gede Ginarka menambahkan, khusus masyarakat yang tidak mampu, pihaknya sudah menyediakan MOB dalam bentuk renteng @ 12 pcs. Produk rentengan itu hanya bisa dijual di pedesaan dan peredaranya melalui warung-warung. ‘’Ini semua untuk memasyarakatkan Minyak Oles Bokashi ke seluruh lapisan masyarakat baik dari masyarakat kelas bawah, sampai ke lapisan masyarakat kelas asat,’’  tegasnya. (Albert Kin Ose M)



Tags :