Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Nafsu Makan Ternak Bertambah, Harga Jual Oke


   Share :


Wirnata


       Peternak yang satu ini selain terbilang ulet, tekun memelihara ternaknya juga cukup sensitif jika sapi piaraannya sakit semisal menurunnya nafsu makan. Baginya untuk mencari pakan ternak sapi tidak sulit. Dari rumput, dedaunan, bungkil pisang, batang pisang hingga dedak yang dicampuri rumput dilahap habis. “Namun sewaktu-waktu sapi mengalami penurunan nafsu makan. Hal ini berpengarah pada pertumbuhan dan peningkatan bobot sapinya,” tukas M Safarudin kepada KPO belum lama ini.
       Safarudin peternak asal Kuranji, Lombok Barat ini tidak hanya memanfaatkan produk Pak Oles Tokcer seperti Minyak Oles Boashi untuk menjaga kesehatan, namun diam-diam peternak seekor sapi ini juga menggunakan produk PT Songgo Langit Persada (SLP) dengan branding EM4 dimanfaatkan untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan sapi. Karena itu saat sapi mengalami nafsu makan kurang ia langsung gunakan EM4 untuk mengatasi.
       Safarudin menggunakan EM4 yang dicampur dengan air untuk diminuman pada sapinya setiap kali selesai makan baik pagi dan sore hari. Menurutnya, setelah tiga hari saja menggunakan EM4 ini, tiba-tiba saja nafsu makan sapinya berubah drastis. Yang tadi menurun, kini menjadi lebih lahap lagi. “Bahkan sapi kepingin makan terus,” ujarnya.
       Bagi Safarudin, keadaan seperti ini merupakan kabar gembira dan cukup melegakan dirinya. Pasalnya dengan bertambahnya nafsu makan maka pertumbuhan sapi akan menjadi lebih cepat dan otomatis berat badannyapun akan semakin bertambah. “Dengan demikian harga jualnyapun semakin tinggi,” terangnya.
       Sapi yang baru 6 bulan dipelihara itu terbilang cepat pertumbuhannya. Selain pakan ternak  tersedia, karena diberikan jamu EM4 juga turut membantu pertumbuhan sapi. “Baru enam bulan saja pertumbuhan sapi cukup pesat. Saya optimis harga jualnya jelang Hari Raya Qurban bisa melonjak hingga Rp 25 juta,” jelasnya. (Hernawardi)
Berkat EM4, Sapi Tetap Sehat
       Tak dipungkiri, penggunaan Effektif Mikroorganisme (EM4) untuk ternak sapi mampu memberikan nilai tambah. Pasalnya, ternak menjadi sehat, gemuk dan tak mudah terserang penyakit. Tak hanya itu, kandang sapi pun tidak berbau.
       Dariatmo (58) dari Desa Mulyo Kencono, Kabupaten Tulang Bawang, Lampung Utara misalnya, sudah membuktikan. Sebelum memakai EM4, ternak sering terkena penyakit, setelah menggunakan EM4 jarang sekali terkena penyakit bahkan bertambah gemuk. Produksi susunya meningkat, biaya produksi dan perawatan bisa ditekan. Dengan keunggulan menggunakan EM4, jelas Atmo yang menjadi contoh bagi warga sekitar.
       Atmo merasakan betul manfaat setelah menggunakan EM4. Menurutnya sebelum menggunakan EM4, biaya produksi cukup tinggi karena mencari pakannya setiap hari. Belum lagi biaya tenaga kerjanya. Untuk satu ekor saja kebutuhan pakan bisa mencapai 10 - 20 kg sehari. Dan pertumbuhan ternakpun lamban, biasanya 6 bulan ke atas pertumbuhan baru bisa kelihatan. Sebelum menggunakan EM, kata Atmo, ternak sering terkena penyakit seperti cacingan dan gatal-gatal. Karena pengaruh bau kotoran sehingga mengundang hama dan lalat. Masyarakat di daerah ini banyak yang beternak sapi. Mereka kewalahan mengurusinya karena harus mencari pakan setiap hari dan biaya yang tinggi, sedang saya beternak sapi menjadi sesuatu yang menyenangkan, tidak menyita waktu untuk mencari pakan. Selain itu, biaya produksi sangat minim. Semua itu dengan memakai satu produk yakni EM4.



Tags :