Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Tanaman Kunyit Putih Plus Manfaatnya


   Share :


net


       Anda pasti tidak asing dengan rempah-rempah yang bernama kunyit, bukan? Ya, kunyit biasa digunakan sebagai bumbu masak, minuman karena warnanya kuning cerah. Tapi tahukah Anda jika selain kunyit yang berwarna kuning, ada jenis kunyit lain yang tak kalah berkhasiat, yakni kunyit putih. Kunyit putih memiliki bentuk rimpang bulat dan warnanya putih seperti kencur serta aroma khas yang harum.
       Berbeda dengan kunyit kuning, kunyit putih mungkin kurang populer dan agak sulit ditemui. Meski tidak begitu dikenal, namun kunyit putih mengandung manfaat yang luar biasa untuk kesehatan tubuh.
       Kunyit putih mengandung banyak gizi penting seperti protein, karbohidrat, lemak, kalsium, fosfor, zat besi, Vitamin A, Vitamin B, Vitamin C, serta kandungan senyawa seperti flavonoida, zat anti lipit peroksida, zat curcumin dan ribozon inacting protein (RIP).  
       Manfaat kunyit putih untuk  mengobati sakit maag dan menenangkan perut. Akibat pola makan yang tidak seimbang, seseorang akan mengalami penyakit maag dan berbagai masalah perut lainnya. Untuk mengobati,  bisa minum air rebusan kunyit putih. Kandungan di dalamnya  untuk  menenangkan perut dan menurunkan asam lambung yang tinggi. Caranya cukup iris-iris kunyit tipis, rebus dengan air hingga menyusut, lalu minum airnya secara teratur. Jika ingin lebih enak, bisa tambahkan madu.
       Selain itu, mencegah dan mengobati penyakit kanker. Dalam kunyit putih terdapat kandungan antioksidan dan juga RIP (ribozom inacting protein)untuk mencegah berbagai penyakit dalam tubuh, salah satunya menonaktifkan sel kanker dalam tubuh penyebab berbagai kerusakan sel.  
       Kunyit putih juga untuk mengobati penyakit kista. Tak hanya mencegah dan mengobati kanker, karena minum air rebusan kunyit putih secara teratur bermanfaat mengatasi penyakit kista yang mengganggu kehamilan.
       Mencegah perut kembung akibat masuk angin. Tidak hanya jahe, karena kunyit putih juga memiliki kemampuan untuk mengatasi perut kembung akibat masuk angin. Minum air rebusan kunyit putih dapat melancarkan buang angin sehingga perut terasa lega. Juga menjaga kesehatan jantung.
       Selain mengandung vitamin dan mineral yang lengkap, dalam kunyit putih juga terdapat kandungan zat anti lipid peroksida yang menurunkan kadar asam urat, menormalkan tekanan darah dan gula darah sehingga jantung lebih sehat dan bisa berfungsi normal.
       Bagi wanita, tanaman ini bisa mengobati keputihan. Keputihan dapat mengganggu kenyamanan, karena bau tak sedap, lembab dan masalah lainnya. Anda bisa mengatasi keputihan dengan minum air rebusan kunyit putih.
       Bila dikonsumsi secara berlebihan, tanaman ini bisa berefek samping.  Antara lain, bisa menyebabkan kerusakan pada sel darah putih dan sel darah merah, gula darah menurun drastic hingga drop/hypoglycemia (tubuh kekurangan gula darah) serta dapat menyebabkan iritasi pada kulit.



Tags :