Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Umbi Suweg Bermanfaat Untuk Kesehatan


   Share :


Seorang petani menunjukan ubi suweg

net


       Pernah mendengar tentang umbi suweg? Umbi suweg merupakan salah satu jenis umbi yang biasa tumbuh ditanah yang lembab. Umbi suweg memiliki bunga aneh karena baunya mirip bangkai, karena tanaman yang memiliki nama ilmiah Amorphophallus paeoniifolius ini memang termasuk keluarga bunga bangkai.
       Seperti umbi yang lain, umbi suweg juga terdapat didalam tanah sehingga untuk mengambilnya dibutuhkan cangkul. Umbi suweg memiliki bentuk yang unik, mirip cobek, karena memang ada cekungan dibagian tengah. Meski begitu, umbi suweg memiliki rasa yang sangat enak, agak manis dan teksturnya punel.
       Suweg bisa dinikmati dengan cara dikupas dan dipotong-potong, lalu dikukus hingga matang.  Meski tidak sepopuler umbi-umbi jenis lainnya, namun ternyata suweg mengandung banyak kandungan nutrisi sehingga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.
       Di dalam umbi suweg terdapat kandungan gizi yang sangat lengkap, dari mulai : karbohidrat, protein, lemak, kalsium, fosfor, serat, Vitamin B1, Vitamin C, zat besi dan senyawa penting seperti : flavonoida, saponin dan juga polifenol.
       Meski miliki rasa yang sangat enak, namun tak banyak orang tertarik dengan umbi suweg. Padahal, konsumsi umbi suweg bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Pertama,  melancarkan pencernaan. Suweg merupakan sumber serat terbaik yang bermanfaat melancarkan system pencernaan. Kedua, menurunkan kadar gula darah. Umbi suweg mengandung serat tinggi dan indeks glikemik rendah sehingga membantu menekan peningkatan kadar glukosa dalam darah sehingga bagus untuk mencegah dan mengobati diabetes.
       Ketiga, menurunkan kadar kolesterol.  Selain menurunkan kadar gula darah, kandungan nutrisi dalam umbi suweg juga membantu menurunkan kadar kolesterol sehingga Anda terhindar dari risiko peyakit jantung dan stroke. Keempat, mencegah anemia. Kandungan zat besi di dalamnya bantu mencegah penyakit anemia akibat kekurangan zat besi. Kelima,  penyembuhan luka. Senyawa dalam umbi suweg bermanfaat mempercepat penyembuhan luka dan sifat anti racun didalamnya juga membantu mengatasi racun akibat sengatan atau gigitan binatang berbisa.
       Keenam, menjaga kekuatan gigi dan tulang.  Dalam umbi suweg terkandung kalsium dan juga fosfor yang tinggi sehingga menjaga kekuatan tulang dan gigi, menjaga kepadatannya agar tidak mudah keropos dan berpenyakit.  Ketujuh, meningkatkan imunitas tubuh. Kandungan antioksidan tinggi dalam umbi suweg bermanfaat meningkatkan imunitas tubuh sehingga lebih tahan terhadap serangan radikal bebas pemicu penyakit.



Tags :