Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

India Minati Fuli Pala


   Share :


net


Oleh: Nancy Lynda Tigauw
       Permintaan komoditas fuli(bunga pala) asal Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dari India sangat tinggi di tahun 2018 ini. "Hampir setiap bulan terjadi pengiriman fuli pala ke India," kata Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulut Jenny Karouw di Manado, Jumat (9/3).
       Pengiriman fuli pala ke India pada awal Maret 2018 sebanyak 5 ton dan bisa hasilkan devisa bagi negara sebesar 45 ribu dolar Amerika Serikat (AS). Kendati dari sisi volume ekspor masih kecil, namun karena harga fuli yang tinggi di kisaran Rp  115 ribu per kg.
       India merupakan salah satu negara potensial tujuan ekspor Sulut, salah satunya komoditas turunan pala. Pemerintah berharap pengekspor di Sulut dapat memanfaatkan potensi pasar India yang cukup tinggi. Manfaat bunga pala yakni dijadikan salah satu rempah-rempah untuk bahan makanan, farmasi dan aroma terapi.
       Ke depan, pasar bunga pala akan semakin ditingkatkan baik di berbagai negara di Asia, Eropa, Amerika hingga Afrika. Pemerintah terus fasilitasi agar setiap pengekspor mendapat kemudahan dalam pengurusan surat keterangan asal (SKA). Pemerintah memberikan penguatan lewat pelatihan dan diversivikasi produk, sehingga yang diekspor semakin beragam.



Tags :