Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Menuai Hasil Maksimal Dengan Aplikasi EM4


   Share :


Hernawardi

Oleh: Hernawardi
     Musami  (65) boleh dibilang seorang petani yang mencintai pekerjaaanya. Pasalnya ayah dari tiga anak yang tinggal di Dusun Kapitan, Desa Perampuan, Kecamatan Labuapi,   Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat ini sudah lama bergelut di sektor pertanian sejak usia muda. Tidak sekedar sebagai hobi, namun  sebagai misi pelestarian lingkungan. Yang terselip dari kebiasaan Musami  itu karena getolnya ia bersama rekan-rekan sesama petani menggunakan pupuk yang serba organik untuk meningkatkan produktivitas usaha tani.
          Sebagai bentuk nyata dari komitmennya itu untuk selalu menggunakan pupuk organik dan mulai secara bertahap mengabaikan pupuk berbahan kimia ini terlihat dari tanaman usaha taninya seperti padi telah mampu mendongkrak hasil pertaniannya khusunsuya padi dan tanaman palawija lainnya.
          Apa hyang dilakukan Musami yang tergabung dalam pada Kelompok Tani Kapitan ini bukannya tanpa teknologi tepat guna yang ia gunakan. Namun berkat ilmu pertanian serta belajar dari nenek moyang leluhur sebagai seorang petani maupun informasi terbarukan tentang pemupukan organik atau alami, selama ini ia apliksikan teknologi EM4 untuk mengolah lahan pertaniannya agar hasilnya lebih maksimal.
     Selain tanaman padi di sawah, Musami manfaatkan pekarangan rumah yang dinilai cukup luas untuk ditanami berbagai jenis tanaman hortikultura dan sayur-mayur. Hasilnya sangat mengejutkan. Sayur-mayur seperti kubis, tomat, cabe, selada, kemangi ubi jalar, kacang panjang dia menerapkan pupuk aplikasi EM4.
     Pertumbuhan tanaman menjadi lebih cepat, daun ataupun kembang tanaman menjadi lebih segar bahkan lebih hijau dan tahan lama jika disimpang dalam waktu lama. ”Saya sarankan kepada anggota kelompok tani lainnya untuk menggunakan EM4 ini sebagai satu-satunya pupuk yang bisa menyuburkan tanah dan meningkatkan hasil produksi,” ujar Musami yang juga salah seorang anggota Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A) di desa itu.
          EM4 Pertanian merupakan bakteri hasil fermentasi berbahan organic yang mampu menyuburkan tanah. Seketika tanah dari hasil sleksi alami microorganism fermentasi dan sintetik di dalam tanah. EM4 mengandung bakteri fermentasi dari genius loctobacilius, jamur fermentasi, bakteri foto sintetik, bakteri pelarut fospat dan ragi. Untuk fermentasikan bahan organik di dalam tanah menjadi unsur-unsur organik dan meningkatkan kesuburan teknis sehingga produktivitas tanaman menjadi lebih banyak.
          EM4 cocok untuk perkebunan, hortikultura, tanaman pangan, tanaman palawija karena sifatnya yang tidak beracun dan tidak menimbulkan pencemaran. Apa yang dikembangkan Abduk Muin untuk pertanian, perkebunan atau tanaman hias sangat layak produksi dan kesuburan tanaman menjadi lebih baik. EM4 juga bisa meningkatkan pertumbuhan tanaman anggrek, mawar, eforbia, supplier dan chrisantimun.
 



Tags :