Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

PT Aneka Tambang dan PLN Ikuti Latihan di IPSA


   Share :


Menghadapi masa pensiun karyawan PT Aneka Tambang Bogor dan PT PLN Bandung mengikuti pelatihan Pertanian Organik Terpadu Dengan Teknologi EM4 di Inst

Wirnata

Oleh: Wirnata
      Sebanyak 20 karyawan dari PT Aneka Tambang Bogor dan PT PLN Bandung mengikuti pelatihan Pertanian Organik Terpadu Dengan Teknologi EM4 di Institut Pengembangan Sumber Daya Alam (IPSA), Desa Bengkel, Busungbiu, Singaraja (5/3). Peserta mempelajari detail tentang teknologi EM(Effective Microorganisms) yang diterapkan dalam bidang pertanian secara menyeluruh.
      Para peserta juga belajar membuat pupuk organik Bokashi (bahan organik yang kaya akan sumber hayati), pestisida alami dan membuat EM aktif atau mengaktifkan EM. Materi itu disampaikan instruktur senior IPSA Bali, Ir I Gusti Ketut Riksa.
      Selain itu, mantan kepala dinas pertanian Kabupaten Bangli itu mengaplikasikan EM dalam bidang perikanan dan peternakan kepada semua peserta. Dalam pelatihan tersebut peserta diajarkan membuat kolam secara benar dengan tetap menjaga kualitas air. Peserta merasa puas karena di IPSA Bali itu bisa mengetahui tentang cara budidayakan ikan air tawar secara baik dan benar dari proses pemilihan bibit, perawatan hingga panen. Peserta juga mengikuti praktek membuat pelet ikan dan jamu ikan sebagai perangsang nafsu makan. Tak ketinggalan juga peserta membuat Bokashi bulat sebagai pembersih dasar kolam.
      Aplikasi EM dalam bidang peternakan, peserta diberikan metode yang benar dengan perhatikan lingkungan agar tetap sehat. Manfaatkan limbah ternak baik untuk tanaman atau sebagai pakan daur ulang serta belajar membuat pakan fermentasi dari limbah organik terutama limbah pertanian.
      Usai mendapat materi peneguhan diri menghadapi masa pensiun, peserta diberikan sertifikat dan dilanjutkan kunjungan ke petani holtikultura yang menggunakan EM4. Peserta juga berkunjung ke berbagai obyek wisata di Bali dan tempat oleh-oleh khas Bali. Di Denpasar peserta diajak ke Bokashi Farm yang merupakan  miniatur sejumlah tanaman obat dan menikmati menu yang ditawarkan di Warung Bokashi Farm. 
      Sebelum meninggalkan Pulau Bali, peserta pelatihan IPSA dimanjakan dengan Bokashi Terapi dan pijat di klinik penyembuhan dan relaksasi tradisional Bali Usadha Pak Oles. Hal tersebut membuat peserta menjadi lebih fresh. Peserta dari PT Aneka Tambang Bogor dan PT PLN Bandung merupakan angkatan ke 350. IPSA Bali sebagai sebuah lembaga pengembangan dan penelitian sumberdaya alam mencakup bidang ilmu pengetahuan dan teknologi guna mengembangkan dan memanfaatkan sumberdaya alam untuk pembangunan yang berkelanjutan.



Tags :