Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Manfaat Kopi Hijau Yang Perlu Diketahui


   Share :


net

Oleh: Dedi Priono
            Green coffe atau kopi hijau, mungkin anda baru mengetahuinya, kopi hijau adalah minuman yang menyehatkan,  minuman sehat ini diklaim dapat membakar lemak lebih cepat dan sanggup mengurangi berat badan dalam tempo singkat . karena khasiat tersebut, kopi hijau belakangan menjadi trend,  terutama  kaum hawa yang ingin memeiliki tubuh indah.
       Kopi hijau sebenarnya sama dengan kopi  pada umumnya, berasal dari biji kopi, namun yang membedakan kopi hitam justru prosesnya. Kopi yang umumnya dijumpai merupakan kopi hitam bersumber dari biji kopi yang sudah dipanggang. Kopi hijau tidak menjalani proses itu sehingga tak akan menimbulkan warna hitam pekat seperti kopi pada umumnya.
       Kopi hitam dan kopi hijau asalnya dari pohon/tanaman yang sama. Cuma untuk memproduksi kopi hitam, biji kopi mesti terlebih dulu dipanggang untuk membuang kadar air dan menambahkan aroma. Pada proses tersebut, beberapa senyawa penting dalam kopi juga kerap menghilang oleh pemanasan berlebih pada pemanggangan.
            Kopi hijau dibuat untuk meminimilasir zat penting pada kopi tidak hilang, sehingga pada pembuatan kopi hijau proses panggang ditiadakan atau dihilangkan.  hasil riset terhadap kopi hijau menyatakan kalau green coffee diperkaya oleh asam 5-caffeoylquinic yang bisa percepat pembakaran lemak dan menambah sistem metabolisme tubuh ketimbang minuman sehat yang lain.
       Riset lain mengungkapkan kalau kopi hijau juga bisa membantu mengurangi berat badan.  Pada kopi hijau terdapat senyawa asam klorogenik, zat ini diyakini dapat melindungi kecantikan kulit, mengurangi berat badan dalam waktu singkat dan mengendalikan kadar gula dalam darah.
       Asam  klorogenik yang terdapat di dalam green coffee berguna untuk beberapa keadaan tubuh yang berpengaruh pada kesehatan, seperti menaikkan gula darah seimbang, menekan pengeluaran glukosa di dalam tubuh dan menaikkan output metabolisme hati yang berefek pada pembakaran lemak. Beberapa mekanisme itu berfungsi guna menunjang massa tubuh tanpa lemak dengan menekan penyerapan lemak dan peningkatan berat badan.
            Seperti kopi hitam, Kopi hijau juga kaya dengan zat antioksidan sehingga dapat memulihkan kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas dan menurunkan penyerapan lemak serta glukosa yang mengakibatkan diabetes. Meski ampuh mengurangi berat badan, kopi berwarna hijau tidak boleh dikonsumsi secara berlebih karena berefek samping yang dapat mengganggu kesehatan. Takaran yang disarankan ialah 480 mg setiap hari selama 12 minggu.
            Kandungan  kafein pada kopi hijau tidak beda  jauh dengan Kafein pada kopi hitam, sehingga jika berlebihan minum kopi  bisa meningkatkan deyut nadi, menimbulkan mual dan muntah,  gugup , sakit perut dan gelisah. konsumsi kopi berlebih dalam  jangka panjang juga bisa mengakibatkan masalah osteoporosis, iritasi usus, tekanan  darah tinggi, glaukoma, diare, diabetes, pendarahan hingga kecemasan.
           Jika Anda ingin mencoba konsumsi kopi hijau sebagai penurun berat badan, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Apalagi jika Anda mengalami beberapa kondisi, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi atau sedang mengonsumsi obat-obatan jenis lain. Menggunakan kopi hijau sebagai bagian dari diet menurunkan berat badan mungkin bisa membantu, tapi para ahli sepakat bahwa tidak ada pengganti yang lebih baik daripada upaya mempertahankan kebiasaan makan secara sehat dan rutin berolah raga.
 
 



Tags :