Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Biji Mahoni Miliki Manfaat Bagi Kesehatan


   Share :


Dedi Priono

Oleh: Dedi Priyono
            Biji mahoni yang memiliki rasa pahit ternyata memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Biji mahoni memiliki kandungan zat yang baik bagi tubuh, seperti  27 jenis saponin, 33 jenis flavonoid, asam lemak, mineral, protein dan vitamin. Kandungan pada biji mahoni terbilang paling kaya nutrisi daripada tanaman lain. Karena rasa pahit,  banyak orang yang kurang menyukai Mahoni.
           Malaysia telah melirik zat yang berkasiat pada mahoni untuk kesehatan dan siap mengolahnya sebagai bahan dasar pembuatan vitamin dan obat herbal. Ada juga yang sudah menjadikan biji mahoni dalam bentuk kapsul, dan itu dijadikan sebagai suplemen makanan. Obat herbal ini dibuat dengan cara menggiling (menumbuk) biji mahoni hingga halus dan menjadikan minuman herbal. Ramuan tersebut bisa diminum rutin untuk menjaga kesehatan.
            Zat pada biji mahoni dapat menyehatkan jantung. Kandungan flavonoid dalam biji mahoni bisa memberikan efek melancarkan dan meningkatkan sirkulasi darah dalam tubuh. Kandungan saponin dapat menyehatkan jantung. Kombinasi flavonoid dan saponin bantu menyehatkan jantung serta melancarkan sirkulasi darah sehingga tubuh tetap sehat dan terhindar dari penyakit jantung.
            Biji mahoni bisa mengatasi penyakit Alzheimer, --penyakit terkait otak. Biji mahoni yang sudah diseduh bersama susu, bisa mengatasi penyakit ini. Untuk tambah nafsu makan, bijinya dikonsumsi setiap hari. Sebagai obat bagi orang yang susah buang air besar (BAB) atau Sembelit. Caranya; haluskan biji mahoni dengan cara giling (tumbuk), seduh dengan air hangat lalu minum. Manfaat lain dari biji mahoni, bisa mengontrol gula darah, dengan minum rutin biji mahoni yang telah dihaluskan dan diseduh dan diminum sebelum makan, kadar gula darah dapat stabil. Ini terjadi karena biji mahoni mengandung saponin yang berfungsi mengeluarkan gula darah berlebih sehingga kadar gula tidak menumpuk dalam tubuh. (Dedi Priyono)
 



Tags :