Welcome To Website PT. Karya Pak Oles Tokcer

Momentum Kembali dari Pariwisata ke Pertanian


   Share :


Suasana panen padi di Jalan Tukad Balian, Denpasar

Wirnata

Gubernur Bali Made Mangku Pastika berpandangan dengan terjadinya erupsi Gunung Agung yang telah berimbas pada lesunya sektor pariwisata, menjadi momentum bagi masyarakat setempat untuk kembali dari pariwisata ke sektor pertanian. "Harus mulai berpikir jika (kejadian erupsi-red) ini berkelanjutan, bagaimana anak yang bekerja di dunia pariwisata itu tidak nganggur. Mungkin ini momentum kita untuk kembali ke pertanian," kata Pastika saat menghadiri Rapat Gabungan dengan jajaran DPRD Provinsi Bali, di Denpasar, Senin (11/12).

Pemprov Bali juga mempunyai sejumlah lahan kosong yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh masyarakat untuk memelihara ternak. Lahan milik pemprov yang cukup luas diantaranya di Pekutatan, Kabupaten Jembrana 1.100 hektar, di Sumberkelampok Kabupaten Buleleng seluas 650 hektar. "Jadi saya pikir, mari kita berpikir dengan tenang, jangan panik dulu. Mari kita rundingkan apa yang harus kita kerjakan," ujar Pastika.

Apalagi sebenarnya kebutuhan di sektor pertanian cukup tinggi dan itu belum bisa dipenuhi. Dia memprediksi kebutuhan telur perhari di Bali saja mencapai satu juta butir, belum lagi kebutuhan daging dan sayur-sayuran. "Anak-anak kita yang tidak bisa bekerja (di sektor pariwisata-red) itu, mungkin saatnya pulang kampung menggarap tanahnya, pelihara ayam atau bebek mungkin ke sana arahnya. Saya sedang berpikir kalau kondisi ini berkelanjutan, kelihatannya sih akan begini-begini terus," ucapnya.



Tags :